Tiga Produsen Mobil Asal Jerman Incar Pasar Otomotif Tiongkok

Tiga Produsen Mobil Asal Jerman Incar Pasar Otomotif Tiongkok

KabarOto.com – Konsultan global Ernst & Young menyebutkan tiga produsen utama mobil Jerman, yakni Volkswagen, BMW, dan Daimler mengalami peningkatan penjualan sebanyak 5% di Tiongkok pada kuartal kedua 2020 dibandingkan hasil penjualan tahun lalu.

Melansir Kantor Berita Xinhua, pasar otomotif Tiongkok disebut telah berkembang menjadi “pilar terpenting” dari industri otomotif Jerman, serta industri otomotif global pada kuartal kedua 2020.

“Ketiga group otomotif Jerman mampu tumbuh di Tiongkok pada kuartal kedua, sementara penjualan di wilayah lain merosot drastis,” ungkap Constantin Gall, Kepala Otomotif dan Transportasi Ernst & Young.

Baca Juga : Penuhi Standar Emisi Tinggi, Suzuki Jimny Versi Komersial Segera Meluncur Di Eropa

Angka tersebut mengakibatkan pangsa pasar mobil Jerman di Tiongkok naik 33% menjadi 51%. Sebaliknya, penjualan seluruh pabrikan asal Jerman yang berjumlah 17 group perusahaan mengalami penurunan 32% di kuartal kedua tahun ini. Pada saat yang sama, semua perusahaan manufaktur mobil mengalami penurunan 39% untuk penjualan global.

Sementara itu, menurutu studi Ernst & Young, produsen mobil Prancis yang hampir tidak aktif di Tiongkok mengalami penurunan penjualan sebanyak 51%.

Akibat pandemik Covid-19, sebanyak 17 group perusahaan asal Jerman melaporkan kerugian operasional 10,8 miliar Euro (US$ 12,7 miliar) pada kuartal kedua 2020. Berbanding terbalik dengan pencapaian periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai keuntungan operasi sebesar 21, 8 miliar Euro.

Pembatasan dan penghentian sementara produksi akibat Covid-19 membuat pabrik mobil hampir berhenti total sekitar lima minggu pada April dan Mei 2020