POPULAR STORIES

Tim HRC Rilis Honda CBR1000RR-R, Siap Bersaing Di WSBK 2022

Tim HRC Rilis Honda CBR1000RR-R, Siap Bersaing di WSBK 2022 Sumber Foto : HRC

KabarOto.com – Tim pabrikan asal Jepang, Honda Racing Corporation (HRC) baru-baru ini meluncurkan motor serta membawa duet baru untuk menghadapi World Superbike (WSBK) 2022, Selasa (16/02).

Menghadapi WSBK 2022, Team HRC menghadirkan duet pembalap baru yaitu Iker Lecuona dan Xavi Vierge untuk menggantikan Alvaro Bautista dan Leon Haslam. Dengan pengalaman Lecuona di MotoGP selama dua tahun dan Vierge di Moto2 sebagai pembalap senior ini dipercaya dapat memperkuat tim berlogo sayap tunggal itu untuk menghadapi musim 2022.

Baca Juga : Pirelli Perkenalkan Ban Baru SCQ Di WSBK 2022

“Kami bekerja di mana-mana, tetapi elektronik adalah salah satu hal utama yang kami pahami. Ini bagus dan memberikan arah yang baik untuk tes berikutnya dan musim 2022 ini. Kami menguji beberapa item lainnya dan beberapa item yang sedikit lebih rahasia. Pada dasarnya, semua pengujian memiliki hasil yang positif,” ungkap Leon Camier selaku Team Manager HRC.

Bicara soal motor, livery Honda CBR1000RR-R Fireblade masih dilabur skema merah, putih dan biru. Tidak ada yang berbeda dibandingkan dengan corak musim sebelumnya.

Kini, tunggangan Lecuona dan Vierge ini beralih ke suspensi Showa, tidak lagi menggunakan Ohlins seperti pada 2020 dan 2021. Selain itu, di bagian rem kini beralih dari Brembo ke Nissin.

Baca Juga : Marshal Di Sirkuit Mandalika Lulus Tes Tanggulangi Ceceran Oli

Xavi mengatakan, balapan bersama Honda adalah sebuah tantangan besar. Berangkat dari nol dan konsekuensinya akan ada banyak hal yang mesti digali. Dia dan Honda akan bekerja keras untuk mengumpulkan sejumlah besar informasi dan memahami potensi.

"Pertama kali saya naik motor ini (CBR-1000RR-R), saya pikir motornya tidak bisa sekuat ini dalam hal mesin. Kami berkonsentrasi di elektronik yang membuat hasil positif. Dibanding Moto2, ini merupakan lompatan besar, dan saya harus belajar banyak,” ungkap Xavi Vierge.

Honda menjadi tim pertama yang mengungkapkan motor 2022. Kawasaki dijadwalkan merilis ZX-10RR pada 23 Maret. Yamaha meluncurkan R1 yang direvisi pada 25 Maret. Sedangkan, BMW dan Ducati belum mengumumkan secara resmi tanggal peluncuran.

Usai melakukan peluncuran tim dan motor, Team HRC kini memulai tes di Portimao pada 17-18 Febuari sebagai persiapan WSBK 2022 yang akan dimulai di MotorLand Arangon, Spanyol pada 8-10 April mendatang.