POPULAR STORIES

Tindak Pelanggar Lalin, Polda Metro Jaya Resmi Gunakan Kamera ETLE Mobile

Tindak Pelanggar Lalin, Polda Metro Jaya Resmi Gunakan Kamera ETLE Mobile Kapolda Metro Jaya Irjen Muhammad Fadil Imran menunjukkan Kamera ETLE mobile

KabarOto.com - Pekan lalu, Polda Metro Jaya meresmikan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobil, atau sistem tilang elektronik berjalan.

Pengembangan sistem ETLE ini sebagai dukungan terhadap program kerja 100 hari Kapolri baru, dengan tidak melakukan tilang kepada pelanggar lalu lintas secara langsung.

Baca Juga: Korlantas Polri Akan Pasang 166 Kamera ETLE Di 3 Polda Dan 4 Polresta

ETLE mobile ini digunakan pada titik-titik rawan yang tidak terdapat kamera ETLE. Kapolda Metro Jaya Irjen Muhammad Fadil Imran memberikan contoh. Wilayah yang sering diadakan ajang kebut-kebutan, seperti Kemayoran Jakarta Pusat. "Maka ETLE mobile ini akan langsung merapat ke titik sasaran merekam pelanggaran lalu lintas yang akan terjadi di sana," ujarnya.

Penegakan hukum melalui ETLE mobile ini akan berjalan seperti ETLE di satu tempat. "Ini merupakan terobosan kreatif sehingga pelanggaran-pelanggaran lalu lintas bisa kita cover di area yang tidak ada ETLE statis," terang Fadil.

Petugas Kepolisian gunakan ETLE Mobile (Foto: ntmcpolri)

Hal ini menurut dia, terwujud karena kerja keras Ditlantas yang terus mengembangkan ETLE. "Orang lain masih berpikir ETLE statis, Ditlantas sudah berpikir ETLE mobile. Luar biasa pemikiran Ditlantas dan jajarannya," terang Kapolda Metro Jaya.

Kamera ETLE mobile ini bentuknya helmet cam (camera menempel di helm), digunakan petugas di lapangan menggunakan motor. Setiap kejadian pelanggaran bisa terekam dengan baik. "Lalu dash cam ada di mobil patroli sehingga mampu merekam pelanggaran lalu lintas yang ada," tambah Kapolda.

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menuturkan, ETLE ini sudah dikembangkan sejak 2018.

"ETLE mobile yang diluncurkan merupakan sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas yang berbasis teknologi informasi dengan menggunakan perangkat elektronik," terangnya.

Baca Juga: Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Serius Terapkan ETLE

Ditlantas menggunakan empat kamera Sena 10C Pro yang merupakan teknologi yang terbaru di jajaran lantas. Kamera SENA 10C Pro yang menempel di helm ini, dapat ditempatkan secara fleksibel dapat berpindah, dan mengurangi interaksi pelanggar dengan petugas.