Tindakan Jasa Marga Selamatkan Pengendara Hadapi Curah Hujan Tinggi

Tindakan Jasa Marga Selamatkan Pengendara Hadapi Curah Hujan Tinggi Jasa Marga

KabarOto.com - Memasuki hari pertama di Januari 2023, sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya wilayah Jabotabek, Jawa Barat dan Jawa Tengah, dilanda hujan dengan intensitas tinggi.

Menanggapi hal ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk meningkatkan mitigasi risiko potensi terjadinya genangan air dan longsor, di jalan tol Jasa Marga Group dengan antisipasi penanganan yang holistik.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, dengan memantau perkembangan informasi kondisi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkini, Jasa Marga turut mengidentifikasi dan menangani lokasi rawan genangan air dan longsor di jalan tol Jasa Marga Group.

Hal tersebut khususnya di Jalan Tol Jabotabek dan Trans Jawa, melalui tim Satgas Jasa Marga Siaga Banjir-Longsor selama 24 jam dalam sepekan (24/7).

Baca Juga: Bikers, Begini Cara Menyalip Kendaraan Besar Saat Touring

Ia bilang, tim tersebut akan siaga memantau kondisi jalan tol di lokasi-lokasi rawan genangan air dan longsor secara berkala.

Optimalisasi penggunaan 14 buah sensor genangan air, dan memastikan pompa berfungsi secara otomatis, serta menyiagakan pompa permanen sejumlah 108 unit dan pompa mobile sejumlah 35 unit, untuk seluruh Jalan Tol Jasa Marga Group.

Lisye menambahkan, Jasa Marga juga telah melakukan berbagai upaya untuk menghadapi curah hujan tinggi yang akan terjadi pada periode tersebut.

Ia bilang pihaknya melakukan pemasangan dan penguatan tanggul di sekitar jalan tol, penambahan kapasitas pompa air dan pemasangan pintu air, serta penambahan saluran buangan di ruas-ruas yang tol yang sering terjadi genangan.

Baca Juga: 376 Ribu Kendaraan Padati Jabodetabek Usai Libur Nataru

“Untuk memastikan penanganan yang dilakukan turut melibatkan seluruh stakeholder, Jasa Marga juga terus berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), dan Dinas Sumber Daya Air (SDA) setempat dalam hal pengelolaan sistem drainase di sekitar wilayah jalan tol,” tambahnya.

Sementara itu, untuk antisipasi penanganan potensi terjadinya longsor di jalan tol, Jasa Marga klaimnya juga telah memperkuat lereng, khususnya di Km 51 Jalan Tol Gempol-Pandaan arah Pandaan, serta Km 77 Jalan Tol Pandaan-Malang di kedua arahnya, serta menyiagakan tim dan alat berat pada lokasi-lokasi rawan longsor.