POPULAR STORIES

Tingkatkan Daya Saing Industri Komponen Otomotif, Kemenperin Gelar Pameran

Tingkatkan Daya Saing Industri Komponen Otomotif, Kemenperin Gelar Pameran menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menghadiri apameran Industri Komponen Otomotif.

KabarOto.com - Industri komponen otomotif masih memiliki pangsa pasar yang sangat luas, baik untuk domestik maupun ekspor. Industri ini juga masih memiliki peluang untuk terus dikembangkan teknologinya, sehingga mampu bersaing di pasar global.

Kementerian Perindustrian terus memacu pertumbuhan dan daya saing industri otomotif nasional, melalui pengembangan industri komponen dalam negeri ini, termasuk di sektor industri kecil dan menengah (IKM).

Baca Juga: Kemenperin Ajak Industri Komponen Otomotif Untuk Tingkatkan Kualitas Produknya

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat membuka Pameran Industri Komponen Otomotif 2019 di Jakarta, mengatakan, pemerintah terus mendorong pengoptimalan Tingkat Kandungan Dalam negeri (TKDN) setinggi-tingginya. “Jadi, ketersediaan komponen di dalam negeri menjadi satu mata rantai pasok yang sangat menentukan bagi daya saingnya,” paparnya.

Airlangga mengungkapkan, pengembangan produktivitas dan daya saing industri otomotif harus sejalan dengan pengembangan industri komponen. Hal ini mengingat produk industri alat-alat kendaraan bermotor merupakan bagian dari rantai pasok bagi original equipment manufacturer (OEM) maupun layanan purna jual industri kendaraan bermotor.

Kekuatan industri komponen di Indonesia saat ini ditopang oleh 1.500 perusahaan yang terbagi dalam Tier 1, Tier 2 dan Tier 3 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 240 perusahaan merupakan anggota Gabungan Industri Alat Mobil dan Motor (GIAMM) serta sekitar 122 perusahaan adalah anggota Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO).

Baca Juga: Kemenperin Dorong Industri Komponen Untuk Produksi Baterai Kendaraan Listrik

Untuk mendukung industri ini, Kemenperin menggelar pameran Pameran Industri Komponen Otomotif 2019 yang berlangsung pada 13-14 Agustus 2019, di kementerian prindustrian, Jakarta Selatan. Pameran ini diikuti 50 perusahaan dari perwakilan anggota asosiasi GIAMM, PIKKO, Indonesia Mold & Dies Industry Association (IMDIA), Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP), serta PT. Solo Manufaktur Kreasi.