POPULAR STORIES

Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas, Polres Serang Akan Gelar Razia Zebra Kalimaya 2019

Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas, Polres Serang Akan Gelar Razia Zebra Kalimaya 2019 Ilustrasi pemeriksaan oleh Polisi (NTMC)

KabarOto.com - Sobat KabarOto yang menjadi warga Serang, Banten, sepertinya harus lebih tertib dalam berlalu lintas. Pasalnya, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Serang, akan menggelar Operasi Zebra Kalimaya 2019 di wilayah Kabupaten Serang.

Rencananya, operasi akan digelar selama 14 hari, mulai tanggal 23 Oktober hingga 5 Nopember 2019. Kasatlantas Polres Serang, AKP Dodin Awaludin mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kepatuhan warga dalam berlalu lintas dan rasa aman di jalan raya.

Baca Juga: Operasi Patuh Jaya 2019 Jaring 7.446 Pelanggar Lalu Lintas

"Berbeda dengan operasi lainnya, Operasi Zebra itu lebih mengedepankan penindakan hukum. Operasi Zebra, ditujukan agar warga semakin tertib berlalu lintas serta menekan angka kecelakaan di jalan," ujar AKP Dodin dalam keterangan resminya.

Bertujuan untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas

Lebih lanjut Dodin menuturkan, dalam Operasi Zebra Kalimaya tersebut ada beberapa sasaran yang akan menjadi target dalam razia.

"Seperti kelengkapan administrasi pengemudi dan ranmor (SIM dan STNK), penggunaan helm SNI, pengendara yang melawan arus, penggunaan safety belt, serta pengemudi dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang.

Selain itu, penggunaan handphone saat mengemudi, melampaui batas kecepatan dan pengemudi kendaraan bermotor di bawah umur juga menjadi target operasi kali ini. "Kami berharap pada masyarakat Kabupaten Serang untuk mendukung kegiatan operasi ini," tutur Dodin.

Baca Juga: Hati-hati, Tilang Elektronik ETLE Bertambah Jadi 81 Titik

Ia menambahkan, pihaknya juga menekankan kepada masyarakat, agar tidak menggunakan kendaraan yang tak layak operasi untuk dipergunakan di jalan raya, serta tidak menggunakan kendaraan angkutan barang untuk mengangkut orang.

Selain bukan peruntukan, juga sangat membahayakan. "Tentu kita menghimbau kepada masyarakat agar lebih taat dalam berkendara agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berada di jalan," pungkasnya.