POPULAR STORIES

Cara Membedakan Knalpot Akrapovic Asli Atau Palsu

Cara Membedakan Knalpot Akrapovic Asli atau Palsu Knalpot Akrapovic (Foto: @sphinx_motorsport/instagram)

KabarOto.com - Melanjutkan kabar pemasangan knalpot palsu Akrapovic pada versi modifikasi All New Honda PCX. Walau modifikator yang mengerjakan sudah menjelaskan kalau itu terjadi karena kesalahan pemasangan stiker, namun ternyata ada cara mudah nih untuk membedakan mana knalpot Akrapovic yang asli atau palsu.

"Langkah yang pertama adalah pastikan barang (knalpot) yang ingin dibeli tersedia di website resmi Sphinx Motorsport," terang Budiman, owner Sphinx Motorsport yang jadi distributor resmi Akrapovic di Indonesia.

Tahap selanjutnya adalah dengan mengecek serial number unik yang terpatri di tiap ujung leher knalpot.



"Semua produk asli ada serial number yang unik dan tidak bisa diduplikat. Jadi di serial number itu nanti ketahuan siapa yang jual, dari negara mana, pokoknya bisa ketauan semua," lanjut Budiman kepada KabarOto.com melalui sambungan telepon, Minggu (18/2/2018).

Baca Juga: Parah! AHM Pakai Knalpot Palsu Akrapovic untuk Launching Honda PCX

Budiman menambahkan knalpot Akrapovic yang asli dan palsu memiliki harga yang berbeda dan dan secara fisik knalpot asli dan palsu terlihat berbeda jauh. Selain itu, hasil dan kualitas knalpot asli juga berbeda jauh dari replikanya.

"Dari harga pasti sudah jelas beda jauh, orang yang buat replika kalau bisa buat produk sebagus yang asli, pasti mereka akan buat brand sendiri. Saya pikir beda jauh lah (kualitasnya)," tambahnya.

Baca Juga: Launching All New Honda PCX Pakai Knalpot Palsu, Ternyata Ini Sebabnya

Lalu yang terakhir, knalpot Akrapovic yang asli produksinya sudah sesuai standar. Emisi dan noise yang dihasilkan juga telah sesuai regulasi.

"Kalau udah menyangkut regulasi, itu udah termasuk noise dan emisi. Jadi sejak 2017 kan itu udah produksi Eropa, jadi harusnya udah sesuai sama yang di sana ya, desibel suaranya berapa, emisinya berapa. Sudah sesuai lah," tegas Budiman.