Tips Jadi Pengendara Cerdas Di Musim Hujan

Tips Jadi Pengendara Cerdas di Musim Hujan Tips mengemudi di musim hujan. (istimewa)

KabarOto.com - Musim hujan sudah tiba. Hampir sebagian besar wilayah di Indonesia diguyur hujan. Bahkan, ada beberapa wilayah yang terkena banjir.

Ya, banjir menjadi penghalang utama bagi kita untuk beraktivitas sehari-hari. Meski demikian, kita sebenarnya masih bisa melakukan berbagai kegiatan dengan tetap memperhatikan keselamatan.

Baca Juga:

Caranya adalah menjadi pengendara cerdas. Pertama, kita harus selalu memantau kondisi jalan. Kita lebih baik menghindari untuk bepergian ke tempat-tempat rawan banjir. Carilah jalur alternatif paling aman.

Kemudian, kita juga harus rajin memeriksa kondisi lampu kendaraan agar dapat menjaga jarak pandang dengan baik. Curah hujan dapat mengganggu penglihatan pengendara. Oleh karenanya, pastikan lampu kendaraan Anda tak rusak dan tetap menghidupkan lampu walau di siang hari.

Kita juga harus mengurangi kecepatan karena berkendara di cuaca terang berbeda dengan kondisi hujan. Hindari kolong flyover dan underpass, jalan berpohon besar, reklame raksasa, jalan cekung dan genangan air.

Bila terjebak banjir dan mogok, segera matikan mesin, cabut aki, dorong mobil ke tempat yang aman. Jika mobil tidak bisa dievakuasi saat banjir, segera tutup ujung knalpot, cabut aki, dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand.

Jangan langsung menyalakan mobil jika sempat terendam banjir. Periksa saringan udara, perlengkapan kelistrikan, oli, dan pengapian dalam kondisi baik. Demikian dilansir dari Astra World, Senin (11/12/2017).