POPULAR STORIES

Tips Mencuci Mobil Hybrid

Tips Mencuci Mobil Hybrid New Toyota Camry Hybrid (istimewa)

KabarOto.com - Merawat kendaraan merupakan salah satu langkah guna menghadirkan kenyamanan saat digunakan, termasuk service berkala maupun perawatan kecil membersihkan mobil misalnya. Namun, ada hal berbeda cara melakukannya dan ini tak boleh diabaikan.

Harus diingat, untuk mencuci mobil hybrid, tidak boleh sembarangan atau dengan cara asal karena bisa mengganggu sistem listrik mobil tersebut. Harus dipahami bagian-bagian tertentu yang perlu dibersihkan, salah sedikit bisa berakibat fatal

Baca Juga:

Lantas, bagaimana cara mencuci mobil hybrid yang aman? Gandi Ahimsaputra, Product Knowledge PT Toyota Astra Mobil (TAM) menyatakan, mencuci mobil berteknologi hybrid sebaiknya tidak sampai ke bagian mesin.

“Jangankan mobil hybrid, untuk mencuci mesin mobil biasa pun harus diperhatikan bagian-bagian yang tidak boleh kena air. Tidak bisa main semprot saja, apalagi mobil berteknologi hybrid. Ada beberapa kabel yang sama sekali tidak boleh terkena air,” ungkap Gandi.

Untuk itu, dia menyarankan pemilik yang ingin membersihkan mesin mobil hybrid, sebaiknya cukup dengan mengusapkan kain basah saja tanpa harus menyiram dengan air secara langsung. Tak hanya itu, Ia juga tidak menyarankan mencuci kolong mobil hybrid.

Hal ini untuk menghindari adanya air masuk ke komponen penting, seperti baterai yang akan menyebabkan baterai tidak berfungsi.

“Tapi secara keseluruhan, merawat mobil hybrid sebenarnya lebih mudah. Karena mesin tidak bekerja terus menerus tapi bisa dibantu dengan motor listrik yang telah disematkan,” pungkas Gandi.