POPULAR STORIES

Tips Menjaga Ketegangan Rantai

Tips Menjaga Ketegangan Rantai untuk kenyamanan berkendara cek selalu keadaan rantai motor (Foto: Ahmad Djainudin/Kabaroto)

Bro n Sist para bikers yang menggunakan roda dua dengan transmisi manual, pasti sering mengalami kendala dengan ketegangan rantai. Ketegangan rantai cukup berpengaruh dengan kenyamanan Bro n Sist dalam mengendarai motor.

Bila ketegangan rantai motor kendor atau terlalu renggang maka laju motor akan mengalami penyendatan saat berjalan. Ini di karenakan rantai yang bergerak pada gir tidak pas menapak pada gir.

Sebaliknya bila keadaan rantai terlalu kencang juga mengakibatkan posisi rantai terlalu kencang dan terlalu tegang, yang mengakibatkan rantai tidak dapat bekerja secara maksimal saat berjalan, bahkan bisa menimbulkan rantai putus.

Bro Ryan dari bengkel RMS yang berada di Jalan H Mencong Cileduk, memberikan beberapa tips sebagai berikut.

. Gunakan rantai dan gir depan maupun belakang sesuai dengan ukuran dan cc kendaraan, menggunakan rantai dan gir orisil lebih baik.

. Selalu cek keadaan dan kondisi gir dan rantai motor.

. Beri pelumas pada rantai agar rantai dan gir tidak mudah haus.

. Atur ketegangan rantai sesuai dengan kondisi motor (sebaiknya jangan terlalu kencang atau terlalu kendor)

Nah Bro n Sist untuk kenyamanan berkendara jangan pernah sepelekan keadaan rantai motor, karena maksimalnya keadaan rantai motor akan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.