POPULAR STORIES

Tips Mudah Merawat Ban Cadangan, Jangan Diisi Angin Nitrogen Ya!

Tips Mudah Merawat Ban Cadangan, Jangan Diisi Angin Nitrogen Ya! Ban cadangan (KO/Edo)

KabarOto.com - Ban merupakan salah satu komponen penting, dalam sebuah kendaraan khususnya mobil. Untuk itu, kondisinya harus tetap dijaga agar prima sehingga dapat mendukung keselamatan dan keamanan berkendara.

Caranya pun cukup mudah, paling penting pemilik mobil hanya perlu memeriksa kondisi tekanan angin, agar selalu dalam kondisi ideal. Pengisiannya pun, bisa dilakukan dengan menggunakan nitogren atau angin biasa.

Baca Juga: Mengenal Kumpan 54, Skuter Listrik Buatan Jerman Yang Mirip Vespa

Saat mengisi ban yang sedang terpasang, angin nitrogen dianggap lebih ideal karena memiliki molekul yang lebih besar dari angin biasa. Sehingga mencegah kemungkinan angin keluar dari sela-sela antara pelek dan ban.

Itu sebabnya, dalam kondisi terkena paku pun, angin biasa akan lebih cepat habis berbanding nitrogen. Nah, selain yang terpasang di roda mobil, ban cadangan juga perlu diperhatikan.

Angin nitrogen cocok untuk ban yang sedang terpasang

Sama dengan ban yang sedang terpasang, ban cadangan pun perlu dijaga kondisi tekanan anginnya, agar dalam kondisi siap digunakan setiap saat, khususnya dalam situasi darurat.

Meski begitu, ada hal penting yang harus diperhatikan, terutama jenis angin yang akan digunakan untuk mengisi ban cadangan.

Tumenggung Prabowo, Manager dari Bengkel Fast mengatakan, ban cadangan sebaiknya diisi dengan angin biasa saja.

Sifat dinginnya mampu mencegah ban meletus

"Karena sifat nitrogen itu dingin, maka akan berfungsi maksimal pada ban yang terpasang. Jika ada pemuaian karena panas sebagai gesekan ban dengan aspal, maka nitrogen akan mereduksinya," jelas Tumenggung.

Lebih lanjut ia mengatakan, karena nitrogen memiliki sifat dingin, sehingga dinilai tidak cocok untuk digunakan pada ban cadangan.

"Sebaliknya bila digunakan di ban cadangan, sifat dinginnya justru akan mempercepat karet ban menjadi getas," tuturnya.

Baca Juga: Ternyata Skutik Honda Beat Sudah Ada Sejak 1983

Selain dijaga tekanan anginnya, kondisi kebersihan ban cadangan juga perlu diperhatikan, salah satunya bisa melapisinya dengan semir khusus ban mobil, setelah dicuci bersih dengan sabun.

"Selain sebagai estetika, cairan semir sedikit mengurangi kemungkinan melekatnya kotoran-kotoran yang kadang bisa mengurangi kinerja ban," pungkas tumenggung.