POPULAR STORIES

TMMIN Investasikan Rp 2,5 Triliun Untuk Fasilitas Produksi Toyota Yaris Cross Hybrid

TMMIN Investasikan Rp 2,5 Triliun untuk Fasilitas Produksi Toyota Yaris Cross Hybrid Proses pemasangan bodi samping Toyota Yaris Cross Hybrid (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - Produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang, Jawa Barat diklaim memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor mobil Toyota di Asia Pasifik, bahkan di era elektrifikasi.

Dalam hal ini, TMMIN memproduksi Toyota Yaris Cross Hybrid untuk pasar domestik dan ekspor. Sebelumnya, Indonesia juga merupakan negara pertama yang dipercaya melakukan produksi lokal xEV untuk model global Toyota Kijang Innova Zenix HEV di tahun 2022.

Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azzam mengungkapkan bahwa investasi untuk memproduksi Toyota Yaris Cross mencapai Rp 2,5 triliun.

Baca Juga: Toyota GR Corolla Akan Hadir Di GIIAS 2023? Begini Spesifikasinya

Toyota Yaris Cross Hybrid

"Dengan investasi tersebut, target produksi Toyota Yaris Cross Hybrid di tahun 2023 sebanyak 36.000 unit. TMMIN semakin menunjukkan peningkatan level kapabilitas dan keunggulan industri manufaktur otomotif nasional," ungkap Bob saat ditemui di pabrik TMMIN Karawang, Kamis (27/7).

Keberadaan Yaris Cross HEV bersama Kijang Innova Zenix HEV Toyota Indonesia juga merupakan wujud implementasi dari strategi multipathway yang diterapkan Toyota dalam mendukung semangat dekarbonisasi global.

Melalui strategi multipathway, Toyota menegaskan komitmennya untuk upaya netralitas karbon menuju NZE global di 2060 dengan memperkenalkan dan menghadirkan beragam model kendaraan sebagai sarana mobilitas masyarakat.

Mulai dari kendaraan konvensional hemat bahan-bakar, kendaraan bahan bakar bio (bio-fuel), serta kendaraan berteknologi elektrifikasi, yaitu HEV, Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), serta Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Baca Juga: Stabilizer Bar Bikin Toyota Innova Zenix Lebih Stabil

Perakitan baterai dilakukan di pabrik TMMIN Karawang 2

Selain itu, produksi Yaris Cross oleh TMMIN makin menunjukkan peningkatan level kapabilitas dan keunggulan industri manufaktur otomotif nasional. Tak hanya mesin hybrid 2NR-VEX dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder dan mesin gasoline 2NR-VE 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i yang diproduksi di pabrik TMMIN Karawang 3, baterai listrik Lithium-Ion yang lebih kompak untuk Yaris Cross HEV juga telah dirakit secara lokal di fasilitas manufaktur Toyota Indonesia di pabrik TMMIN Karawang 2.

Dalam pengembangan Yaris Cross HEV, Toyota Indonesia telah melibatkan hingga 12 supplier baru sehingga total terdapat 116 supplier yang turut menyumbangkan nilai kandungan lokal Yaris Cross hingga 80%.