POPULAR STORIES

Tol Brebes Timur Sampai Semarang, Siap Dioperasikan Saat Mudik Tanpa Tarif

Tol Brebes Timur Sampai Semarang, Siap Dioperasikan Saat Mudik Tanpa Tarif Pintu Tol Brebes Timur (Setkab)

KabarOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan, jalan tol seksi 3 dan 4 Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 Kilometer (km) dari Brebes Timur sampai Semarang dalam kondisi mantap dan siap dioperasikan fungsional saat mudik Lebaran 2018 tanpa tarif.

Dibukanya ruas tol Brebes Timur-Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur, namun bisa meneruskan ke ruas tol Pemalang-Batang hingga Semarang sepanjang 114,2 Km yang juga akan dibuka fungsional.

Terkait jadwal pembukaan jalur tol tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan selaku koordinator pelaksanaan mudik Lebaran.

"Kementerian PUPR bertugas memastikan sarana prasarananya untuk dapat digunakan paling lambat pada H-10 Lebaran, sekitar tanggal 9 Juni 2018 saat dimulainya liburan," ujar Basuki dalam keterangan resmi yang diterima KabarOto Senin (28/5).

Baca juga: Nih.. 56 Titik Lokasi Pengisian Top Up Uang Elektronik di Jalan Tol

kondisi jalan di sepanjang ruas tol Brebes Timur hingga Pemalang, saat ini memang sudah dalam kondisi siap dengan jenis perkerasan jalan yang menggunakan beton (rigid pavement).

Ruas tol tersebut saat ini tengah menjalani uji laik fungsi dan operasi oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Jalan Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 Km, pengusahaannya oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road, dengan nilai investasi Rp 7,26 Triliun. Untuk seksi 1 dan 2 sebelumnya telah dioperasikan hingga Brebes Timur.