POPULAR STORIES

Tol Pandaan-Malang Seksi IV Siap Beroperasi, Seksi V Ditargetkan Fungsional Saat Akhir Tahun

Tol Pandaan-Malang Seksi IV Siap Beroperasi, Seksi V Ditargetkan Fungsional Saat Akhir Tahun Tol Pandaan-Malang seksi 4 (PUPR)

KabarOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), saat ini secara bertahap tengah menyelesaikan beberapa pembangunan ruas jalan tol. Hingga akhir tahun 2019, panjang jalan beroperasi ditargetkan lebih kurang 1.500 Km.

Salah satu ruas jalan tol yang siap beroperasi adalah Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km.

Baca Juga: Ada Struktur Bangunan Kuno, Proyek Tol Pandaan-Malang Dihentikan

"Mudah-mudahan keseluruhan ruas tol Pandaan- Malang bisa selesai lebih cepat. Apabila seksi 4-5 selesai bisa langsung dioperasikan saja (tidak perlu diresmikan lagi)," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Seksi V direncanakan fungsional saat libur Natal dan Tahun Baru 2020

Berdasarkan data Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Jasamarga Pandaan-Malang, progres konstruksi seksi IV Singosari-Pakis saat ini sudah rampung dan telah selesai melewati uji laik fungsi. Sebelumnya pada mudik Lebaran 2019, seksi IV sudah dibuka fungsional untuk mendukung kelancaran lalu lintas.

Sementara untuk seksi V Pakis-Malang, berdasarkan data saat ini progres konstruksinya sudah sebesar 77,3% dan direncanakan dapat dibuka fungsional untuk mendukung kelancaran mudik Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Terkait penemuan situs bersejarah pada ruas tersebut, pihak BUJT telah menggeser trase jalan di titik tersebut sekitar 17 meter ke arah Timur.

Jalur harus digeser karena penemuan situs purbakala

Jalan Tol Pandaan-Malang terdiri dari 5 seksi, yang terbagi menjadi Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,4 km, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,1 km, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,1 km.

Baca Juga: Resmi Bertarif, Ngebut Di Tol Pandaan - Malang Bakal 'Ditembak’ Speed Gun

Selain dapat menunjang sektor pariwisata, Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan akan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang. Kehadiran ruas tol ini, juga dapat mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya.

Selama ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang pada jam padat, bisa mencapai empat hingga enam jam. Bila melalui jalan tol Pandaan-Malang, waktu tempuhnya bisa kurang dari satu jam. "Ruas tol ini sudah sangat ditunggu masyarakat, karena itu kita percepat pemanfaatannya," tutup Basuki.