POPULAR STORIES

Tol Serbaraja Uji Coba Gratis, Alternatif Menuju GIIAS 2022

Tol Serbaraja Uji Coba Gratis, Alternatif Menuju GIIAS 2022 Ruas Tol Serpong-Balaraja (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - PT Trans Bumi Serbaraja telah menyelesaikan pembangunan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1A sepanjang 5,15 km. Di mana, ruas Tol ini sudah beroperasi mulai hari ini, Rabu (10/8) pukul 06.00 WIB.

Selama masa uji coba 10-21 Agustus 2022, ruas Tol Serbaraja seksi 1A akan dioperasikan tanpa tarif alias gratis.

Ruas Tol Serbaraja menghubungkan ujung jalan tol eksisting Ulujami-Pondok Aren-Serpong di sisi klaster The Green BSD City, menuju simpang susun CBD BSD City atau di sisi AEON Mal. Gerbang tol tersebut akan terkoneksi langsung dengan kawasan Transit-Oriented Development (TOD) Intermoda BSD City.

Baca Juga : Sudah Terkena Tilang Elektronik Di Jalan Tol Atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

Selain itu, ruas tol ini telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada 22-24 Juni 2022.

Jalur Tol Serbaraja terpantau masih sepi

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, bisa melalui ruas Tol Serbaraja.

Managing Director President Office Sinar Mas Land & Direktur PT Trans Bumi Serbaraja, Dony Martadisata, mengatakan "Sambil menunggu tanggal peresmian, kami mengundang segenap masyarakat dan pengunjung GIIAS untuk dapat mengakses melalui ruas tol ini."

Baca Juga : Ini Jalan Tol Terpendek Di Indonesia, Hanya 2 KM

Pembangunan Tol Serbaraja bertujuan untuk menyediakan jalur alternatif bagi masyarakat Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Dengan demikian, jalan tol bisa memperlancar distribusi pasokan komoditas dan meningkatkan perekonomian warga.

Antrian pintu masuk terpantau padat

Sebagai informasi, nantinya panjang Tol Serbaraja akan mencapai ±40 km. Tol tersebut terbagi dalam tiga tahap yakni seksi I Serpong-Legok (±9,8 km), seksi II Legok-Pasir Barat (±11,5 km), dan seksi III Pasir Barat-Balaraja (±18,6 km).

Tol Serbaraja akan terkoneksi dengan sejumlah tol lainnya yakni Tol Jakarta-Serpong, Tol Jakarta-Merak, JORR dan berbagai ruas tol di Pulau Jawa. Pada bagian jalan Tol Serbaraja seksi 1A, PT Trans Bumi Serbaraja telah memasang sejumlah petunjuk jalan, pembatas jalan, lampu penerangan, tanda jalan hingga mesin untuk transaksi non-tunai dan portal pembatas kendaraan di gerbang tol.