POPULAR STORIES

Ini Dia Tongtoll, Alat Bantu Bayar E-Toll

Ini Dia Tongtoll, Alat Bantu Bayar E-Toll Tong Card atau Tong Toll alat bantu transaksi e tol (istimewa)

Kabaroto.com - Tongsis atau alat bantu untuk melakukan foto selfie sempat menjamur. Kini, ada alat serupa bernama Tongsis E-Toll atau yang disingkat menjadi Tongtoll. Alat ini dapat membantu Anda yang memiliki tangan kurang panjang untuk melakukan transaksi pembayaran E-Toll.

Regulasi soal pembayaran tol dengan kartu E-toll ternyata memberikan dampak positif kepada pengusaha. Dia membuat alat dari plastik dengan bentuk menyerupai alat pemukul serangga, yang ternyata amat dibutuhkan oleh pengguna jalan tol.

Baca Juga:

Alat ini berguna untuk mayoritas orang Indonesia yang memiliki jangkauan tangan yang kurang panjang. Tongtoll memudahkan penggunaan E-Toll card Anda saat tapping. Transaksi tol juga menjadi lebih mudah tanpa risiko kartu terjatuh.

Bahan plastik yang ringan dan elastis serta bentuknya yang pipih memanjang, cukup mudah untuk disimpan di dalam kendaraan dan tidak mengganggu perjalanan.

Saat ini banyak beredar alat bantu Tong Toll dengan harga bersaing di toko online, sekitar 15 sampai 20 ribu Rupiah.

Kalah Canggih dari Malaysia

Sebenarnya, Tongtoll masih kalah canggih dengan alat bantu pembayaran E-Toll yang ada di negeri tetangga kita, Malaysia. Sistem pembayaran tol di Malaysia telah didominasi non tunai seperti memakai kartu (touch and go) hingga mesin On Board Unit (OBU). Akibatnya, antrean di pintu tol bisa terurai dengan cepat.

Keunggulan lain dari sistem pembayaran elektronik di Malaysia ialah pembayaran multifungsi. Mesin hingga kartu bisa dipakai untuk pembayaran parkir. Kartunya juga bisa dipakai untuk naik moda transportasi massal.

Hal ini pula yang terjadi di Singapura. Mesin OBU, bisa dipakai untuk membayar parkir hingga mendukung program Electronic Road Pricing (ERP) atau sistem jalan berbayar.