POPULAR STORIES

Touring Pakai Yamaha XMax Dari Jakarta Hingga Flores

Touring Pakai Yamaha XMax dari Jakarta hingga Flores

KabarOto.com - Berawal dari seringnya melakukan touring jarak dekat hingga jarak jauh, seperti Bogor - Cianjur hingga Bogor - Yogyakarta. Bahkan pernah melakukan touring hingga Tugu Kilometer Nol di Sabang, Aceh, diikuti oleh 4 orang member XMOC Bogor Raya.

Bagi mereka, touring adalah sebuah kenikmatan. "Bisa menikmati suasana alam baru, dan menikmati pemandangan khas Indonesia," ungkap om Hamzah salah satu member XMOC yang giat mengikuti touring.

"Lebih menikmati perjalanannya, karena bisa melatih skill berkendara juga melatih motorik kita," tambah H. Teguh Yaden yang sering didaulat sebagai RC saat touring.

Saat mencapai Kilometer Nol di Sabang, Aceh

Berbeda dengan Ben Ukraina dan Eryan, memutuskan untuk menjelajah lebih jauh lagi, destinasinya adalah Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Menggunakan Yamaha XMax, sebelum melakukan perjalanan, persiapan harus matang mulai fisik dari pengendaranya sendiri hingga cek kondisi sepeda motor.

Baca juga: Yamaha TMAX Terbaru, Pertahankan Karakter Scooter Sport

Ketika disinggung tujuan dari perjalanan touring menuju Flores, Ben Ukraina mengatakan, "Istilah gue adalah ‘hit the road’, menikmati perjalanan menelusuri wilayah Indonesia, selagi sehat dan mampu."

Perjalanan menuju Flores membutuhkan waktu selama 8 hari, dengan total jarak tempuh hingga Larantuka, Flores Timur, adalah sepanjang 2.717 km. Selanjutnya perjalanan malah bertambah, Kupang - Timor Leste sepanjang 203 km. Dengan kondisi jalan yang cukup baik dan mulus, sementara saat di pulau Jawa, perjalanan harus ekstra hati-hati karena ramai akan kendaraan besar seperti truk dan bus.

Berfoto saat berada diperbatasan Timor Leste

Di Flores, lalu lintas tidak sepadat di pulau Jawa. Relatif sepi, namun tetap harus berhati-hati karena banyak hewan ternak seperti sapi berkeliaran.

Beberapa hal berkesan hadir selama perjalanan Bogor - Flores ini, memiliki teman seperjalanan yang seru menjadi hal penting. Kekompakan selama perjalanan diuji, selalu bersabar saat temannya tertinggal hingga ada masalah pada motornya. Dan tidak melupakan ibadah, saat waktunya sholat selalu berhenti dan melaksanakannya.

"Yang paling berkesan adalah menikmati perjalanan sepanjang waktu dengan pemandangan yang indah, apalagi jika bertemu dengan sesama bikers di perjalanan. Menambah teman dan bertambah wawasan," ujar Ben Ukraina yang akrab disapa om Ben.

Namun yang terutama adalah menambah pengalaman bikers selama perjalanan, makin sigap dalam menghadapi situasi perjalanan juga membaca karakter medan perjalanan.

Bergaya saat mengunjungi rumah adat di Bajawa, Flores

Kedatangan rombongan XMOC Bogor Raya, rupanya mendapatkan kesan tersendiri dari para bikers setempat. "Mereka salut dengan fisik dan kemauan kita hingga bisa sampai di Flores," ujar om Ben.

Para bikers setempat sangat membantu sepanjang perjalanan, terutama rekans Biker Flores dan Kupang yang tergabung dalam grup 1.000 tikungan Flores, Bikers Nusantara serta Asosiasi Bikers Kupang.

Motor Yamaha Xmax yang digunakan selama perjalanan, ada yang masih dalam kondisi standar bahkan yang sudah dimodifikasi pun ikut ambil bagian. Modifikasi ringan disektor pengereman dan penggerak CVT, dan penggunaan ban aftermarket Pirelli Diablo jadi pilihan.

"Saya pribadi merubah sokbreker, sistem pengereman, menggunakan ban yang lebih nyaman, serta penambahan lampu tambahan untuk memberikan penerangan ekstra di malam hari," tambah pria berkacamata tersebut.

Baca juga: Masalah ECU Dan Belt, Yamaha Recall Skuter TMAX

Bukti bahwa rombongan XMOC Bogor Raya pernah mampir ke Flores

Yamaha XMax memiliki posisi duduk yang nyaman, ruang bagasi besar memungkinkan membawa barang bawaan. Namun ada yang menambahkan box, mengingat perjalanan selama 8 hari ini membutuhkan perbekalan dan barang bawaan lebih banyak.

Tuntas perjalanan menuju Flores, ternyata Ben Ukraina masih ingin menjelajah lebih jauh lagi. "Target touring selanjutnya menjelajahi jalur trans Sulawesi, Kalimantan dan terakhir jalur trans Papua," tutup om Ben penuh semangat.

Mau ikutin cara om Ben? Siapkan dulu fisik, waktu luang, kendaraan dan yang paling penting adalah niat.