POPULAR STORIES

Yamaha TMAX Terbaru, Pertahankan Karakter Scooter Sport

Yamaha TMAX Terbaru, Pertahankan Karakter Scooter Sport Yamaha

Kabaroto.com - Sejak diperkenalkan tahun 2001, Yamaha TMAX, menjadi scooter sport yang sukses meraih hati konsumen. Memang saat itu dikemas dengan dimensi yang tambun, tapi sangat fungsional.

Manufaktur berlambang Garputala pada gelaran di EICMA 2019, memperkenalkan Yamaha TMAX terbaru yang diklaim lebih lincah, sportier dan makin dinamis. Bahkan disuguhkan dua pilihan yakni TMAX standar dan TMAX Tech MAX.



Mengusung mesin dua silinder terbaru berkapasitas 560 cc diimbangi desain yang lebih agresif. Redaman suspensi disajikan agar lebih mumpuni di kecepatan rendah dan kecepatan tinggi.

Baca juga: Rolls-Royce Cullinan Black Badge, Menyapa Orang Superkaya

Lebih jauh soal mesin, komponen utama yakni forged piston dirancang lebih ringan dan desain baru pada con rod. Kapasitas silinder meningkat 6% berbading pendahulunya berkat diameter piston bertambah 2 mm menjadi 70 mm.

Klaim tenaganya bertambah 3,5% dan torsinya juga 6% sehingga berdampak pada akselerasi di berbagai putaran mesin. Tapi Yamaha menjamin tak akan boros bahan bakar, karena penggunaan injektor 12 lubang yang posisinya bergeser langsung menyembut ke bagian katup isap sehingga pembakaran lebih efisien.

Agar emisi bahan bakar bisa ditekan lebih baik, pipa fas buang 2-1 diterapkan dengan catalic converter menggunakan elemen platinum dan rhodium agar lulus standar emisi EU5. Suara knalpot kini lebih punya tone khusus berkat material pipa lebih tipis 20%.

Meski mesin dua silinder berkapasitas besar tapi Yamaha menjamin akselerasi tetap lembut karena penggunaan sabuk CVT baru serta reduksi rasio serta karakter perpindahannya tipikal motor cruiser.

Yamaha D-MODE merupakan teknologi kontrol elektronik yang memungkinkan TMAX memiliki dua karakter berkendara dipilih secara instan. Bersinergi dengan Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) sehingga pengendara bisa memilih suguhan tenaga lembut atau spontan.

Sebagai motor yang fungsional TMAX disajikan muata barang yang mampu menampung satu helm full face atau dua helm model jet. Bagasi lain yang anti hujan bisa diletakkan barang pribadi.

Smart Key yang diusung pada TMAX tak sekadar keyless seperti motor lainnya. Namun juga sistem penguncian standar tengah, sehingga menyulitkan saat pencuri mendorong.

Baca juga: Amati Perkembangan Dunia Modifikasi Global, NMAA Sambangi SEMA Show 2019

Penyempurnaan lain berbanding versi sebelumnya adalah sistem pendinginan yang lebih optimal pada mesin berkat kapasitas radiator lebih besar dan penambahan penampang udara. Selain itu penggunaan plastik resin sebagai rantai tensioner mesin agar lebih minim suara.

Traction Control System (TCS) yang disempurnakan sehingga pengendara lebih percaya diri ketika melesat di jalan basah.