POPULAR STORIES

Masalah ECU Dan Belt, Yamaha Recall Skuter TMAX

Masalah ECU dan Belt, Yamaha Recall Skuter TMAX Yamaha TMAX (ist)

KabarOto.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), sebagai produsen dan distributor sepeda motor Yamaha di Indonesia dikabarkan akan melakukan pemanggilan kembali (recall) terhadap pemilik produk maxi skuternya, TMAX.

Produk Maxi Yamaha yang cukup digemari di tanah air

Program recall tersebut harus dilakukan oleh Yamaha karena saat proses evaluasi produk yang dilakukan secara berkala, pabrikan motor asal Jepang tersebut menemukan permasalahan pada komponen Belt (berkenaan dengan transmisi energi) dan juga ECU (berkenaan dengan fungsi kontrol). Sehingga diperlukan adanya suatu pemeriksaan lanjutan.

Baca juga: Yamaha Perkenalkan Livery Baru Tunggangan Rossi Dan Vinales

"Yamaha mempunyai misi untuk terus memberikan produk terbaik dan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan," tulis salah satu Direksi Yamaha Indonesia dalam pernyataan resminya.

Komponen belt dengan kode part BC3-46241-01 yang bermasalah tersebut, ditenggarai tidak cukup kuat untuk menahan beban pada saat motor digunakan, sehingga dikhawatirkan dapat timbul potensi terputus.

Ilustrasi masalah pada bagian belt

Untuk mengatasinya, Yamaha melakukan perbaikan dengan meningkatkan ketahanan wire belt dan juga menambah lilitan pada core.

Sedangkan masalah pada komponen electronic control unit (ECU) dengan kode BC3-8591A-01, terjadi karena campuran udara dan bahan bakar yang terlalu miskin, sehingga dapat membuat mesin tiba-tiba mati saat idling atau digunakan pada putaran mesin rendah. Untuk masalah ini, Yamaha melakukan perbaikan dengan perubahan setting (Re-programming).

Punya bodi bongsor namun tetap dengan kemudahan handling

Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas produknya, Yamaha akan melaksanakan penggantian komponen Belt dan re-programming ECU secara cuma-cuma untuk unit T-Max dengan nomor rangka sebagai berikut: JYASJ1450J0013801 - JYASJ1450J0016880.

Baca Juga: Yamaha Resmi Perkenalkan MT-15 Dan New MX-King

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, para pemilik Yamaha TMAX dapat menghubungi Yamaha Call Centre di nomor 021-4618000 atau klik www.yamaha-motor.co.id atau bisa menghubungi dealer CBU-Shop terdekat di kota anda. Program ini akan dilaksanakan serentak diseluruh dealer CBU Shop, Sentral Yamaha, dan Flagship Shop Yamaha mulai tanggal 18 Februari 2019.