Toyota 4Runner 2020, Tidak Banyak Yang Berubah Hanya Teknologi Baru

Toyota 4Runner 2020, Tidak Banyak yang Berubah hanya Teknologi Baru

KabarOto.com – Toyota kembali meluncurkan 4Runner generasi teranyar dari basis model 4Runner facelift yang diluncurkan tahun 2014 silam dan mendapatkan trim TRD Pro di tahun 2015.

Tidak banyak yang berubah untuk model tahun 2020 ini termasuk bagian eksterior maupun interiornya yang mengambil basis dari model 4Runner tahun 2014. Namun, di model baru ini Toyota memasukkan paket Toyota Safety Sense P (TSS-P) sebagai standar di semua trim, serta memasukkan teknologi baru, kenyamanan yang lebih baik dan pengendalian yang semakin mudah.

Baca juga: Toyota Supra Garapan Manhart Makin Buas

Pembaruan yang paling mencolok dari model baru ini adalah sistem infotainment baru berupa layar sentuh berukuran lebih besar dari model sebelumnya yang memiliki ukuran layar 6,1 inci. Kini hadir dengan layar sentuh berukuran 8 inci kompatibilitas dengan Android Auto, Apple Carplay, dan Amazon Alexa.

Perubahan juga terjadi di bagian instrument cluster dengan hadirnya layar MID TFT baru berukuran 4,2 inci di semua trim, layar MID ini memuat lebih banyak informasi berkendara dan antar muka yang lebih bagus, spidometer juga mendapatkan desain baru.

Baca juga: Toyota Harrier 2020 Siap Meluncur Juni Mendatang

Paket Toyota Safety Sense P hadir untuk semua trim model baru Toyota 4Runner memastikan keselamatan berkendara yang lebih baik, teknologi ini mencakup fitur pedestrian detection, lane departure alert, automatic high-beams, dan adaptive cruise control.

Secara mekanis, model baru Toyota 4Runner menggendong mesin yang sama dengan model sebelumnya. Berbekal mesin V6 berkapasitas 4.000 cc menghasilkan tenaga 270 dk dan torsi 377 Nm, mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis ECT 5 percepatan dan mengirimkan semua tenaga ke belakang atau keempat roda.

Baca juga: Video Review Toyota HiAce Premio

Di sisi lain, Toyota tidak merubah suspensi pada model baru ini, menggunakan suspensi lansiran Fox dengan teknologi Dynamic Suspension System yang dapat menjaga kabin tetap tenang dan memberikan ayunan yang baik saat berkendara di jalan yang bergelombang.

Selain mesin yang bertenaga dan suspensi yang mumpuni, pengalaman menjelajahi medan off-road semakin tangguh dengan Sistem Multi-Terrain Select. Sistem ini bekerja dengan menyesuaikan slip roda dengan mode berkendara yang dipilih, mode berkendara diantaranya Mud, Sand, Rock, dan Mogul.

Mengenai warna eksteriornya, model baru 4Runner hadir dengan warna eksterior baru khusus untuk trim TRD Pro yaitu warna Army Green. Warna eksterior lain yang bisa dipilih diantaranya Super White, Magnetic Grey Metallic, dan Midnight Black Metallic.

Sayangnya, Toyota belum mengumumkan detail harga resmi dan informasi penjualan untuk model baru 4Runner ini. (Nora Dian Pratama)

Berita Terkait

Berita Terkait