POPULAR STORIES

Toyota Harrier 2020 Siap Meluncur Juni Mendatang

Toyota Harrier 2020 Siap Meluncur Juni Mendatang Sumber Foto : Toyota Global

KabarOto.com – Toyota secara resmi mengumumkan akan meluncurkan generasi keempat Toyota Harrier pada Juni mendatang. SUV ini akan menggunakan platform TNGA-K, dan pada versi terbaru nantinya tidak lagi mengusung mesin dengan turbo.

Sedikit flashback, pada 1997 Toyota Harrier memulai debutnya dan menjadi produk andalan dari pabrikan asal Jepang ini. Untuk versi 2020, hadir dengan model dan desain baru, tampilan depan menekankan desain yang lebih tegas dengan gril model baru.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Corona, Toyota Indonesia Hentikan Produksi Sementara

Pada bagian samping, perubahannya minor hanya penggunaan pelek berukuran 19 inci. Bicara soal dimensi, SUV ini memliki panjang 4.740 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.660 mm, sementara sumbu rodanya adalah 2.690 mm. Menggunakan suspensi depan MacPherson Strut dan double-wishbone untuk belakang. Pada bagian belakang, perubahan terletak pada desain lampu baru serta bumper dengan dual muffler.

Untuk bagian interior, disematkan bahan-bahan berkualitas tinggi yang diklaim untuk memberikan rasa aman dan nyaman di dalam kabin. Selain itu, SUV ini diklaim lebih tenang dan kedap. Warna interior bertema mewah dengan kombinasi coklat, abu-abu dan hitam.

Pada konsol tengah terdapat head-unit besar berukuran 12,3 inci, yang memiliki fitur Smart Device Link, navigasi T-Connect SD serta sudah support Apple CarPlay dan Android Auto. Untuk menyajikan hasil audio yang baik, Toyota menyematkan JBL Audio sebanyak sembilan speaker. Selain itu, fitur baru yang disematkan adalah Digital Inner Mirror yang berfungsi sebagai dashcam.

Baca Juga : Imbauan Bahaya Covid-19 Pemerintah Qatar Pakai Toyota Land Cruiser

Bagian fitur keamanan dan keselamatan, Harrier kini memiliki Active Cornering Assist (ACA). Yang berfungsi membantu pengereman dan mengurangi understeer saat tikungan. Selain itu, ada Toyota Safety Sense terbaru. “Ada pre-collision safety system yang mendeteksi pejalan kaki baik siang maupun malam demikian dengan pengguna speda,” ungkap Toyota.

Intelligent Clearance Sonar dengan Parking Support Brake yang membantu mengenali objek, fitur ini sangat membantu saat kecepatan rendah dan parkir.

Bicara soal mesin, ada dua opsi mesin yaitu hybrid dan bensin konvensional dengan pilihan penggerak rodan depan (FWD) dan seluruh roda (AWD). Untuk varian hybrid akan menggunakan mesin A25A-FXS berkapasitas 2.487 cc, untuk tenaga mesin ini saja mampu menghasilkan 120 dk dan torsi 202 Nm. Varian FWD hybrid tenaganya 218 dk, sementara untuk E-Four all-wheel-drive mengeluarkan tenaga 222 dk dengan bantuan motor listrik.

Baca Juga : Selagi WFH, Yuk Cegah Korosi Radiatormu Pakai Ini

Kemudian mesin kedua, yaitu mesin 1.986 cc direct injection Dynamic Force N/A yang mampu menghasilkan tenaga 171 dk dan torsi 207 Nm. Kedua mesin tersebut disambungkan ke transmisi Direct-Shift CVT.

Soal harga pihak Toyota belum menyinggung. Jadi bagaimana Sobat KabarOto tertarik dengan SUV andalan Toyota ini? Kita tunggu saja kehadirannya pada Juni mendatang.