Toyota 86 Generasi Terbaru Diklaim Memiliki Tenaga Mesin Lebih Besar

Toyota 86 Generasi Terbaru Diklaim Memiliki Tenaga Mesin Lebih Besar

KabarOto.com – Setelah Toyota meluncurkan Toyota Supra A90 di banyak negara termasuk Indonesia, pihak Toyota akan fokus membangun 86 generasi kedua yang nantinya akan lebih baik dari versi lawas.

Bagi Sobat yang penggemar mobil sport dari Toyota, tentunya tidak asing dengan Tetsuya Tada, beliau merupakan aktor penting di balik Toyota 86 dan juga Toyota Supra terbaru. Nah, belakangan ini Tada mengungkapkan sebuah informasi yang cukup menarik dan mengejutkan. Dalam wawancaranya dengan Whichcar Australia saat peluncuran Toyota Supra di negeri Kanguru, Tada mengungkapkan soal Toyota 86 terbaru.

Baca juga: Toyota 86 dengan Dua Konsep Modifikasi

Tada menyebutkan, "Kami akan membuat Toyota 86 terbaru yang akan melampaui Supra, tentunya 86 terbaru nanti akan bisa memenuhi harapan konsumen."

Tada menambahkan telah membuat tim baru untuk proyek Toyota 86 terbaru. Yang jelas Toyota 86 tidak akan melebih Supra dalam tenaga dan akselerasi, karena posisi 86 berada di bawah Supra. Mungkin maksud dari ‘melebihi Supra’ ini lebih merujuk pada driving experience dan fun to drive yang ditawarkan di generasi terbaru Toyota 86. Nah, ini merupakan satu aspek vital untuk mobil sport, selain itu kerja sama antara Toyota dan Subaru tetap berjalan untuk proyek ini.

Dilansir Motor1, walaupun akan saling sharing platform, pihak Toyota dan Subaru dikabarkan akan membuat platform khusus untuk 86 dan BRZ. Hai ini dilakukan karena platform TNGA Toyota dan Subaru Global Platform tidak ada yang cocok untuk membuat mobil sport kecil.

Baca juga: Body Kit Toyota 86 Bikin Bodi Makin Lebar

Bicara soal mesin, Toyota dan Subaru mengklaim akan mengganti mesin 4-silinder boxer naturally aspirated berkapasitas 2.000 cc, mesin barunya tetap menggendong tipe 4 silinder boxer namun berkapasitas lebih besar, yakni 2.400 cc. Tentunya mesin ini dari Subaru, dan kemungkinan mesin ini berasal dari SUV Subaru Ascent. Untuk tenaga tidak naik signifikan, karena dibatasi di 260 dk.

Tenaga tersebut tentunya disalurkan ke roda belakang, dengan pilihan transmisi manual dan otomatis torque conver yang sama–sama 6 percepatan. Ada rumor kalau Toyota dan Subaru sedang mempersiapkan mobil konsep yang akan menjadi teaser Toyota 86 dan Subaru BRZ generasi berikutnya yang akan dipamerkan di Tokyo Motor Show 2019 mendatang.

Jadi bagaimana Sob dengan kabar Toyota 86 dan Subaru BRZ generasi terbaru? (Rizky Hidayat)