POPULAR STORIES

Toyota AE86 Penggerak Hidrogen Dan Listrik Konsep Melantai Di Tokyo Auto Salon 2023

Toyota AE86 Penggerak Hidrogen dan Listrik Konsep Melantai di Tokyo Auto Salon 2023 Toyota AE86 BEV dan AE86 H2 (foto : Toyota Japan)

KabarOto.com – Toyota menghadirkan konversi mobil lawas mereka yaitu AE86 dengan penggerak hidrogen dan listrik di ajang Tokyo Auto Salon 2023.

Untuk menjaga eksistensi mobil klasik dan tetap bisa di pakai di masa depan yaitu dengna cara konversi. Hal tersebut dilakukan oleh pabrikan mobil asal Jepang itu dengan konversi Toyota AE86 dengan dua model yaitu H2 (hidrogen) dan BEV (listrik).

Baca Juga : Aksesori Resmi Untuk Toyota GR86 Hadir Di Tokyo Auto Salon 2023

Toyota AE86 H2 concept

Secara tampilan, Toyota AE86 H2 ini menggusung model Trueno dengan lampu depan model pop-up dan dibalur oleh warna bodi two-tone putih dan hitam. Serta penggunaan tulisan Jepang took tahu dari anime Initial D.

Di balik kap mesin, unit 4 silinder berkapasitas 1.600 cc itu dilepas dan digantikan dengan motor listrik. Tetapi, pihak pabrikan sebisa mungkin mempertahankan bentuk aslinya dengan injektor bahan bakar, pipa bahan bakar, dan busi yang dimodifikasi untuk model hidrogen. Pihak Toyota juga klaim telah mengembangkan kedua mobil tersebut tetap memiliki suara mesin dan getaran mesin khas AE86.

Dibalik kap mesin AE86 H2

Lalu, berikutnya AE86 BEV yang menampilkan bodi Levin dengan lampu depan yang sipit nan khas ini memiliki warna yang sama dengan AE86 H2. Tetapi, perbedaannya pada bagian bawah mobil yaitu penggunaan motor listrik dari Toyota Tundra Hybrid. Sementara, paket baterai dari Prius plug-in hybrid dan beberapa komponen Toyota dan Lexus lainnya.

Baca Juga : Subaru Hadirkan Dua Mobil Balap Di Tokyo Auto Salon 2023

Toyota AE86 BEV

Pada bagian interior, mobil ini masih dibekali kursi model bucket yang sporty dan diberikan roll gace tambahan untuk memperkuat sasis karena lokasi paket baterai yang besar ada di bagasi. Kejutan terbesar lainnya, mobil ini masih dibekali transmisi manual dan diklaim bobot mobil ini mirip dengan aslinya.

Untuk mewujudkan konversi kedua model tersebut, pihak Toyota tetap bekerja sama dengan beberapa perusahaan aftermarket model purwarupa tersebut. Tetapi, untuk saat ini pihak pabrikan belum ada rencana untuk produksi massal. Jadi bagaimana Sob, tertarik?

Tampilan interior