POPULAR STORIES

Toyota Andalkan Jualan Lewat Digital Saat Pandemik Covid-19

Toyota Andalkan Jualan Lewat Digital Saat Pandemik Covid-19 New Toyota Agya produk baru yang diluncurkan lewat digital

KabarOto.com - Dalam masa Pandemik Covid-19, semua merek mobil yang ada di Indonesia menunda launching produk baru mereka. Namun, ada juga yang meluncurkan produk dengan cara digital, melalui social media. Hal ini dinilai efektif, karena semua orang di berbagai daerah Indonesia bahkan negara lain di dunia biasa melihat secara langsung produk baru tersebut.

Lalu apakah virtual launching ini mendukung jualan Toyota Astra Motor. Di mana produsen mobil terbesar di Indonesia ini baru saja meluncurkan produk barunya, yaitu New Toyota Agya.

Baca Juga: Toyota Bakal Luncurkan Produk Baru Tahun Ini

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmy Suwandy saat diskusi dengan wartawan otomotif, Jum’at kemarin (15/05) mengatakan, setidaknya melihat dari situasi Covid banyak hal positif juga yang bisa diterima, karena dengan adanya digital itu, seluruh Indonesia bisa melihatnya termasuk diler Toyota, bahkan dari negara lain.

“Tapi memang, bagaimana pun kita kan jual produk fisik ya, mobil, banyak yang ingin lihat langsung bahkan memegangnya langsung, test drive, nah ini yang tidak bisa kita lakukan kalau kita hanya virtual launching,” terangnya. Namun ke depan, TAM akan mengkombinasi kedua hal tersebut.

Anton juga melihat dari situasi satu sampai dua bulan ini, Anton menyatakan digital tidak bisa lepas dari dunia otomotif, apalagi penjualan dan bahkan service.

“Jadi dulunya sebenarnya sudah banyak kosumen yang masuk ke dunia digital, tetapi ini kebanyakan segmen anak-anak muda yang biasa main gadget tapi sekarang pun yang umurnya 35,” terangnya.

Manajemen Toyota Astra Motor

Sementara usia di atas 45 yang dulunya tidak bermain digital saat ini sudah terbiasa. “Saya rasa, ke depannya dunia digital tidak bisa dilepaskan lah dari pencarian informasi, komsunikasi dan lainnya,” tambah Anton.

Kalau model apa yang laku di dunia digital, menurut dia yang sudah diketahui, sehingga tidak perlu lagi di cek fisiknya, dan tidak perlu dlihat lagi, seperti Avanza dan Innova.

“Kemarin saya cek Auto2000 itu ada 14 orang yang bulan lalu beli mobil itu tidak ketemu muka, bahkan tidak ketemu mobil, jadi mulai dari masuk ke website sampai bayar DP delivery baru ketemu,” tambahnya.

Baca Juga: Curhat Toyota Sikapi Pandemik Covid-19

Memang terlihat kecil, namun penjual mobil, luar biasa sekali. Karena sebelum Covid-19 tidak terbayang orang beli mobil secara online.

“Saya rasa ini akan menjadi tren kedepan, untuk model-model baru tinggal melihat, test drive sedikit, konfirmasi dan bayar DP,” tegasnya.