POPULAR STORIES

Toyota Dan Honda Hadirkan Mobil Balapnya Di GIIAS 2019

Toyota dan Honda Hadirkan Mobil Balapnya di GIIAS 2019

KabarOto.com – Sudah tidak heran jika kedua pabrikan otomotif asal Negeri Sakura ini selalu memiliki booth berdekatan selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, dan juga memiliki ukuran lebih besar dibanding merek pabrikan lainnya. Toyota dan Honda memang bersaing dalam pasar otomotif Indonesia, selalu menghadirkan berbagai inovasi dan suguhan mobil menarik tiap tahunnya.

Begitu juga pada ajang GIIAS 2019 tahun ini, keduanya sama menghadirkan produk-produk unggulannya, dan juga mobil menarik. Lalu apa sih yang menarik pada masing-masing booth? Untuk tahun ini, keduanya membawa sebuah mobil balap namun berbeda jenis nih, satunya mobil model balapan F1 dan lainnya ada mobil Le Mans 24H.

Baca Juga : Seru Nih! Di Booth Hyundai Di GIIAS 2019, Modal Teriak Bisa Dapat Gadget Keren

1. Honda

Pertama kalau kita melihat di booth Honda, akan disambut hangat oleh STR14 dari tim Toro Rosso. Dengan tampilan basic berwarna biru metalik, lalu terdapat penambahan strip garis merah memanjang, perpadu logo Red Bull berwarna silver yang tegas pada bagian bodi belakang mobil.

Sedikit spesifikasi dari mobil ini, jantung mekanis yang digunakan pada STR14 masih menggunakan mesin Honda dengan kode RA618H, yang dapat meraung hingga 15.000 rpm, dan menghasilkan tenaga maksimal 740 dk. Penempatannya merupakan mesin tengah dengan transmisi 8 percepatan otomatis, dan berpenggerak roda belakang. Ada pula tambahan mesin motor listrik rancangan Honda, dapat mendongkrak tenaga tambahan 161 dk.

Tidak hanya itu, bodi kendaraan dibuat menggunakan bahan khusus loh. Sasis mobil ini dibuat dari bahan carbon-fibre composite dengan aluminium honeycomb, suspensi double wishbones, springs, dampers, dan lengkapnya lagi anti-roll bar. Nantinya mobil STR14 akan digunakan oleh 2 pebalap Toro Rosso yaitu Alexander Albon dan Daniil Kvyat, untuk melakoni musim 2019.

2. Toyota

Nah, sesuatu yang unik ada di booth Toyota nih. Mungkin sudah biasa jika kita melihat mobil F1. Namun, bagaimana jika bentuk dari mobil ini seperti sebuah mainan? Mobil tersebut adalah jet darat dari ajang balap Le Mans 24 jam.

Namanya sendiri adalah Toyota TS050 Hybrid, bentuknya memang unik, seperti dari masa depan, bahkan sekilas kita akan terbayang bentuk mini4wd dengan body lebar mengotak, dan hanya muat 1 orang saja, pada bagian tengah, menjadikannya mirip seperti Magnum / Sonic Saber yah sob.

Baca Juga : Produk Perawatan Dari Wynn's Dan Turtle Wax Juga Ada Di GIIAS 2019 Loh

TS050 Hybrid juga dibangun dengan ketelitian dan tingkat akurasi tinggi karena memang dasarnya mobil ini harus tahan saat dipacu hingga jangka waktu 24 jam. Komponen yang digunakan pun tidak sembarangan, oleh karena itu banyak bagian menggunakan bahan baku ringan seperti karbon, banyak menghiasi mobil ini. Lalu pelek single PCD dari Rays Magnesium melekat kuat berpadu ban Michelin.

Mesinnya juga dibekali tenaga melimpah dari mesin V6 turbocharged 2.400 cc. Menghasilkan tenaga maksimal 1.000 dk, plus mesin Hybrid dengan baterai Toyota lithium-ion battery. Transmisinya juga menggunakan 6 percepatan sequential, sehingga sangat efisien dan cepat dalam perpindahan giginya.

Mobil ini sendiri dikendarai oleh 3 orang yakni Fernando Alonso, Sebastien Buemi, dan Kazuki Nakajima. Ya, Fernando Alonso berpindah haluan menjadi pembalap Le Mans setelah masa karir di F1 berakhir. Pada 2018, tim balap ini berhasil memenangkan balapan Le Mans.

Penasaran mau melihat seperti apa sih aslinya mobil ini? Buruan langsung kunjungi booth Toyota dan Honda di GIIAS 2019, ICE BSD, Hall 1.