POPULAR STORIES

Toyota Dan Suzuki Berkolaborasi Bikin Mobil Sport Harga Terjangkau

Toyota dan Suzuki Berkolaborasi Bikin Mobil Sport Harga Terjangkau Konsep Toyota MR2 (Dok: Toyota)

KabarOto.com – Dua pabrikan mobil asal Jepang, Toyota dan Suzuki dikabarkan akan berkolaborasi untuk membuat mobil sport bermesin tengah yang diharapkan memiliki harga terjangkau.

Menurut laporan, mobil sport bermesin tengah ini akan diluncurkan pada tahun 2025. Meskipun belum ada informasi mendalam, proyek kerjasama ini akan memproduksi model Toyota MR2 yang dipasarkan pada 1984 hingga 2007.

Baca juga: Mencoba Toyota C+Pod, Si Mungil Bertenaga Listrik. Seperti Apa Rasanya?

Kabarnya, mobil ini akan menggunakan mesin berkapasitas kecil. Dan lebih memprioritaskan penghematan bahan bakar, harga terjangkau, serta pengalaman berkendara yang menarik. Kemungkinan besar mesin yang digunakan adalah versi bensin turbocharged berkapasitas 1.000 cc hingga 1.400 cc.

Sebagai informasi, Toyota dan Suzuki telah bekerjasama pada 2019. Kedua pabrikan tersebut saling memperluas line up produknya masing-masing. Salah satu contohnya adalah Maruti Suzuki memasok Baleno dan Vitarra Brezza ke Toyota. Kemudian kedua model tersebut dipasarkan oleh Toyota melalui merek Glanza dan Urban Cruiser di India.

Baca juga: Eksplorasi All New Toyota Avanza Dan All New Veloz Di Pulau Bali, Ini Rasanya!

Selain itu, Toyota juga mengekspor dan menjual mobil rebadged ke pasar internasional. Kedua pabrikan ini juga bekerjasama untuk membangun beberapa model baru, yakni SUV dan MPV baru untuk pasar India.

Sebaliknya, Suzuki juga memasarkan produk rebadged Toyota di Eropa. Seperti Suzuki Swace yang merupakan Toyota Corolla hybrid estate dan Suzuki A-Cross yang merupakan rebadged dari Toyota RAV4.

Bukan hanya bersama Suzuki, Toyota juga memiliki dua mobil sport hasil kolaborasi dengan pabrikan lain. Pertama Toyota 86 yang bekerjasa dengan Subaru, kedua Toyota Supra yang hasil kerjasama dengan BMW.