POPULAR STORIES

Toyota FJ 40 Paling Beringas Setelah Pakai Mesin V8

Toyota FJ 40 Paling Beringas Setelah Pakai Mesin V8

KabarOto.com - Toyota FJ 40 merupakan salah satu mobil legendaris dari Toyota. Untuk FJ 40 sendiri masuk ke Indonesia di awal 1960-an. Awalnya mobil ini hanya digunakan oleh tentara dan aparat keamanan. Beberapa tahun kemudian, barulah mobil ini dapat dimiliki sipil. Dikenal sebagai mobil tangguh, juga merupakan cikal bakal dari Land Cruiser modern.

Nah untuk FJ 40 yang satu ini, sekilas terlihat seperti FJ 40 biasa. Yang telah direstorasi hingga mulus. Namun, jika diperhatikan lebih detail, sudah banyak berubah dari mobil ini.

Toyota FJ 40 ini adalah hasil garapan dari ProRock. Bengkel asal Solo, Jawa Tengah, merestorasi bodinya secara maksimal. Hingga menampilkan bentuk asli FJ 40 yang legendaris. Padahal, mobil ini datang ke bengkel ProRock dalam keadaan cukup parah. Hanya ada bodinya saja.

Baca juga: Test Drive Mercedes-Benz GLA 200 AMG Style, Kompak SUV Untuk Aktivitas Harian

Mempertahankan tampilan aslinya

Secara tampilan, layaknya mobil lawas, desain bodinya masih menggunakan bentuk mengkotak. Seperti di bagian depannya. Bentuknya sangat khas, dengan gril yang berbentuk kotak, berpadu dengan lampu model bulat.

Toyota FJ 40 bertipe hard top ini juga terlihat menarik. Dengan atap yang berkelir putih. Perpaduan yang pas, dengan warna bodi hijau khas FJ 40. Pada bagian samping ini, juga terdapat detail-detail. Seperti emblem Land Cruiser dan spion orisinal FJ 40.

Ke bagian peleknya, mobil SUV ini sudah menggunakan model klasik. Namun bukan orisinalnya. Melainkan pelek custom dengan ukuran ring 16. Dibalut dengan offroad dari Maxxis, berukuran 255/85.

Dashbor masih asli, namun jok sudah menggunakan model lain

Restorasi total secara detail ini hingga menampilkan bentuk asli FJ 40. Lengkap dengan ciri khasnya, yaitu sebuah ban serep yang ditempatkan di belakang. Hingga ke bagian emblem-emblem klasiknya terlihat seperti baru.

Bagian interiornya juga telah direstorasi. Beberapa bentuk asli FJ 40 juga dipertahankan disini. Seperti bagian dasbornya, sisanya sudah diganti dengan produk-produk aftermarket.

Jantung pacu dari mobil off road ini. Bagian ini adalah bagian paling spesial. Meskipun mobil ini adalah mobil Jepang, mesin menggendong lansiran mobil Amerika. Yap, sudah tidak ada lagi mesin enam silinder segaris khas FJ 40. Yang ada sekarang adalah mesin dari Chevrolet, dengan tipe LS.

Baca juga: Test Drive MINI Cooper S Countryman - Rakitan Lokal Dengan Fitur Melimpah

Mesin Chevrolet LS V8 6.000 cc

Mesin Amerika ini menggunakan konfigurasi V8. Berkubikasi 6.000 cc. Oleh ProRock ECU mesin ini telah di remaping. Sehingga mampu menghasilkan tenaga hingga 375 dk. Tenaga ini disalurkan ke keempat roda. Melalui gearbox TH 400 dengan transmisi otomatis.

Sebagai penunjang mesin Chevy LS ini, ProRock juga telah menyematkan komponen-komponen pendukung. Seperti knalpot dari Borla. Serta radiator merek Griffin. Untuk mendinginkan mesin ini secara optimal.

Tidak hanya mesin, bagian kaki-kakinya juga sudah sepenuhnya diganti. Jika FJ 40 memiliki ciri khas kaki-kaki depan belakang menggunakan per daun. Di FJ 40 ini, kaki-kakinya sudah sepenuhnya diganti. Sokbrekernya sudah menggunakan merek Ori Struts dari Amerika. Di depan dan di belakang. Bahkan bukan hanya sokbrekernya saja. Melainkan gardannya juga diganti. Menggunakan gardan buatan Pro Rock.

Kaki-kaki mendapatkan sentuhan agar lebih kokoh

Hingga bagian sokbreker juga menggunakan tipe dan merek aftermarket

Tidak ada lagi rem model teromol di mobil ini. Karena memang tenaga mesin yang dikeluarkan cukup besar. Jadi perlu pengereman yang optimal. Rem menggunakan model cakram merek Wilwood. 4 piston untuk bagian depan dan 2 piston untuk bagian belakang.

Wah, mobil legendaris Jepang pakai jeroan Amerika nih. (Gregorius Nikolaus.P)

Berita Terkait

Berita Terkait