POPULAR STORIES

Toyota Gandeng Panasonic Kembangkan Baterai Untuk Mobil Listrik

Toyota Gandeng Panasonic Kembangkan Baterai Untuk Mobil Listrik Toyota Electric Car (Istimewa)

KabarOto.com - Toyota resmi menjalin kerjasama dengan Panasonic dalam pengembangan mobil listrik terbaru mereka di masa yang akan datang. Kerjasama tersebut terkait pengembangan baterai untuk kendaraan listrik merek Toyota.

Kerjasama strategis tersebut dilakukan untuk memenuhi ambisi Toyota untuk serius bermain di segmen mobil listrik. Sebagai bentuk keseriusannya, di tahun 2020 mendatang perusahaan patungan itu bakal siap beroperasi. Toyota pun dikatakan bakal menguasai 49 hingga 51 persen kepemilikannya.

Baca juga: Toyota Targetkan Penjualan New Avanza Sebanyak 7.000 Unit Perbulan

"Toyota dan Panasonic meyakini bahwa kontrak yang dilakukan itu bakal memperkuat serta mempercepat akselerasi untuk mendapatkan baterai yang kompetitif di masa depan," tulis Toyota dalam keterangan resminya kepada France24.

Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation mengungkapkan harapannya, bahwa di tahun 2030 mendatang diharapkan setengah penjualan mereka di dominasi oleh mobil listrik. Dengan begitu, torehan penjualan mobil listrik sendiri bakal tumbuh hingga 15 persen, jika dibandingkan dengan kondisi saat ini.

Baca juga: Profil Toyota New Veloz

"Kunci utama untuk mobil listrik di masa depan adalah baterai. Agar Jepang dapat bertahan di era tersebut, meski tanpa sumber daya alam, kami harus mengembangkan baterai yang kompetitif dan sistem yang kuat untuk suplai yang stabil," jelas Toyoda.

Adapun penunjukkan Panasonic dalam pengembangan baterai kendaraan Toyota sendiri tak lepas dari kiprah mereka yang diketahui ahli di bidang baterai. Sebelumnya Panasonic pun telah menjalin kerjasama dengan Tesla, sekaligus menjadi pemasok baterai bagi pabrikan mobil asal Amerika Serikat tersebut.