POPULAR STORIES

Toyota GR Yaris Bertenaga 730 Dk Begini Racikannya

Toyota GR Yaris Bertenaga 730 Dk Begini Racikannya Foto : Powertune Australia

KabarOto.com - Powertune Australia, sebuah perusahaan tuning berbasis di New South Wales, Australia membuat Toyota GR Yaris bertenaga 730 dk.

Mobil ini diketahui milik Peter Freedman, orang dibalik pendiri Røde Microphone. Beberapa modifikasi pun dilakukan demi membuka semua potensi yang dimiliki GR Yaris.

Baca Juga : Intip Profil Toyota GR Yaris AP4 Andalan TGRI

Uniknya Powertune Australia memutuskan untuk mempertahankan stang dan kepala piston, serta crankshaft standar bawaan mobil. Namun beberapa part diganti, misalnya intercooler Plazmaman, lalu turbo memakai Garrett G30-770, sistem pembuangan turbo exhaust manifold, intercooler piping, dan dump pipe dari Golebys Parts, serta dari katalitik ke belakang memakai Akrapovic.

Sementara pompa bahan bakar juga diganti menggunakan Elixr Brushless, serta injektor Sekunder berkapasitas 2.200 cc dari Bosch. Seluruh penggantian ini diatur oleh ECU Plug-in MoTec untuk memastikan seluruh komponen bekerja dengan tuning-an sempurna.

Tidak lupa girboknya diganti transmisi enam percepatan sequential dari X-Shift, dan kopling ATS Triple Carbon.

Baca Juga : Profil Toyota Yaris GR TGRI Andalan Haridarma Manoppo

Sebagai pengingat, standarnya GR Yaris mesin berkode G16E-GTS tiga silinder DOHC Roller Rocker turbocharged, berkapasitas 1.618 cc, dan direct/port-injected yang menghasilkan tenaga standar 260 dk dan torsi maksimum 360 Nm. Sementara versi Powertune Australia punya tenaga 740 dk pada 8.117 rpm.

Walau tidak dijelaskan berapa performa keseluruhan setelah modifikasi, tapi perlu diingat akselerasi standar GR Yaris 0–100 kpj diklaim dalam 5,2 detik dan kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik sampai 230 kpj.