POPULAR STORIES

Toyota GR Yaris Bertenaga Hidrogen

Toyota GR Yaris Bertenaga Hidrogen

KabarOto.com – Toyota membuat GR Yaris dengan tenaga hidrogen pertama. Pabrikan asal Jepang itu memang sedang gencar dalam pengembangan bahan bakar baru yang lebih ramah lingkungan.

Sebelumnya, Toyota juga pernah bereksperimen dalam mengikuti balap menggunakan Toyota Corolla di Super Taikyu 24-Hour demi menunjukkan bahwa tenaga hidrogen juga mampu bersaing di ajang balap ketahanan.

Baca juga: Toyota GR Yaris Hadirkan Paket Aksesorinya Di GIIAS 2021

Toyota memang masih menggunakan mesin yang sama yakni mesin 1.600 cc konfigurasi 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS. Hanya saja bahan bakarnya saja yang berbeda.

Lalu apa perbedaan bahan bakar konvensional biasa dibanding hidrogen?

Toyota menilai hidrogen lebih efisien, lalu mengurangi emisi untuk lingkungan. Serta hidrogen lebih cepat terbakar sehingga mesin jauh lebih responsif.

Lalu Toyota mengatakan lebih efisien melakukan konversi dari mesin konvensional ke hidrogen. Ketimbang melakukan pengembangan mesin baru khusus hidrogen layaknya Toyota Mirai.

Baca juga: Body Kit Rocket Bunny Toyota GR Yaris Super Lebar Dan Aerodinamis

“Kami telah mengambil langkah pertama untuk bersaing dan mengembangkan mesin bertenaga hidrogen kami dengan pola pikir menghadapi tantangan. Saya membayangkan hal-hal akan terlihat sedikit berbeda 10 tahun dari sekarang, dan saya berharap orang-orang akan melihat ke belakang dan melihat bagaimana kami menghadapi tantangan dengan positif dan menikmati setiap momennya,” ujar presiden Toyota Akio Toyoda.