POPULAR STORIES

Toyota Kembangkan Pengecatan Listrik Statis, Seperti Apa?

Toyota Kembangkan Pengecatan Listrik Statis, Seperti Apa?

KabarOto.com – Pengecatan sebuah mobil tentunya jadi salah satu faktor penting bagaimana mobil tersebut nantinya terlihat bagus dari sisi eksterior. Cat bukan hanya soal pilihan warna, melainkan teknik agar cat mampu melekat sempurna pada permukaan.

Nah demi memaksimalkan hal tersebut, Toyota kabarnya sedang mengembangkan teknologi pengecatan pertama di dunia yang memanfaatkan listrik statis, nih. Upaya ini dilakukan untuk memenuhi target pabrik Plant Zero CO2 Emissions Challenge tahun 2050.

Nozzle akan berputar dan cat dialiri listrik saat disemprot.

Baca Juga : Tampil Unik, Inilah Model Suzuki Jimny Pikap Di Selandia Baru

Kalau dalam proses penyemprotan cat biasanya memanfaatkan udara untuk penyemprotannya, namun itu akan menghasilkan gas CO2 cukup banyak. Serta efisiensi cat hanya terbatas 60 hingga 70 persen saja, karena partikel cat akan memantul dan tidak menempel sempurna pada permukaan mobil.

Ilustrasi cat konvensional masih menggunakan udara, dan ada partikel cat yang memantul.

Baca Juga : Virus Corona Masuk Indonesia, Produsen Aftermarket Otomotif Wealthy Bikin Hand Sanitizer

Namun dengan teknologi baru ini, nantinya emisi gas CO2 akan diminimalisir sekitar 7 persen, dan efisiensi cat mencapai angka 95 persen. Sebab pada bagian nozzle penyemprot akan berputar supaya penyebaran cat merata, serta dialiri listrik statis agar partikel cat dalam langsung menempel pada permukaan mobil.

Penasaran bagaimana gambaran proses pengecatannya? Simak video animasinya, sob!