POPULAR STORIES

Toyota Kembangkan Teknologi Pengisian Daya Baterai Mobil Super Cepat

Toyota Kembangkan Teknologi Pengisian Daya Baterai Mobil Super Cepat

KabarOto.com – Selain jarak tempuh, waktu pengecasan baterai yang memakan waktu lama menjadi masalah besar untuk kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV).

Hal tersebut membuat mobil BEV masih menjadi pilihan kedua bagi konsumen, apalagi jika digunakan untuk jarak jauh.

Sebagai perbandingan, mobil konvensional membutuhkan waktu 4-6 menit untuk pengisian tangki bensin berkapasitas 40-55 liter. Sedangkan, untuk kendaraan BEV klaim tercepatnya dipegang oleh Lucid dengan kemampuan pengisian dalam 20 menit untuk menempuh jarak 300 km.

Baca Juga : Nissan Akan Perkenalkan Compact SUV Baru Di Indonesia

Nah, jika melihat tren yang berkembang tentang mobil listrik seperti saat ini. Selain jarak tempuh, kecepatan pengisian daya baterai akan menjadi persaingan yang tak terhindarkan.

Melihat peluang tersebut, ternyata Toyota tengah mengembangkan teknologi baterai mobil listrik yang bisa terisi penuh dalam waktu 10 menit saja. Bukan hanya itu, teknologi ini juga diklaim mampu menjangkau jarak hingga 500 km.

Baca Juga : Anya Geraldine Gemar Juga Naik Motor, Yamaha Lexi Jadi Pilihannya

Kabarnya, Toyota akan merilis teknologi baterai bernama solid-state pada tahun depan, atau bersamaan dengan produk EV terbarunya.

Teknologi yang dikembangkan sejak tahun 2017 ini, bukan hanya memberikan jarak tempuh yang jauh dan pengisian baterai yang cepat, namun juga mampu mereduksi dimensi. Sehingga ukuran baterai bisa lebih kecil dan memberikan ruang yang cukup bagi penumpang.