Toyota Lahirkan SUV 4x4 Di Amerika

Toyota Lahirkan SUV 4x4 di Amerika Toyota FJ Cruiser yang tidak diproduksi lagi oleh Toyota (istimewa)

KabarOto.com - Pada tahun 2014 lalu Toyota menghentikan produksi FJ Cruiser, kini Toyota bersiap untuk memperkenalkan penggantinya dengan model baru yang memiliki kemampuan jelajah layaknya kendaraan off-road.

“Ada ruang bagi kelahiran SUV yang kecil namun memiliki kemampuan off-road,” kata CEO Toyota Motor North America Jim Lentz pada gelaran Detroit Auto Show pekan lalu.

Menurutnya aemua pabrikan meninggalkan segmen ini karena penerapan truck CAFE ratings (regulasi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar). "Tapi kami banyak mendapat permintaan dari masyarakat yang menginginkan sebuah FJ model terbaru atau varian dari model tersebut,” ucap Lentz.

Baca Juga: 5 Mobil Terfavorit di Detroit Auto Show

Pabrikan otomotif asal Jepang ini, baru saja memperkenalkan dua kendaraan konsep bernama FT-4X di New York dan FT-AC di Los Angeles. Meski keduanya masih sebatas konsep, tapi dengan tingginya minat konsumen, bisa saja salah satu diproduksi bila dapat memenuhi regulasi yang ketat.

“Terdapat ruang untuk segmen lower end, dari sisi harga atau otentisitas, untuk model SUV off-road yang menggunakan frame (sasis tangga),” ucap Lentz.

Menurut dia, model ini tak hanya cocok untuk petualangan tapi juga ampuh untuk melibas medan off-road dengan penggerak empat roda 4x4 plus ground clearance tinggi.

Model ini jika sudah diproduksi akan diposisikan di bawah 4Runner dan sejajar dengan crossover RAV4, tapi dengan pendekatan berbeda, yaitu berkemampuan mirip dengan Jeep Wrangler.