POPULAR STORIES

Toyota Land Cruiser 300 Dan Lexus LX300 Ditarik Kembali, Ini Penyebabnya

Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX300 Ditarik Kembali, Ini Penyebabnya Recall Toyota Land Cruiser 300 (Foto: Toyota)

KabarOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan penarikan produk kembali terhadap dua mobil premium di segmen SUV, yakni Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600.

Penarikan produk kembali ini dilakukan untuk melakukan pemeriksaan dan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan kinerja transmisi otomatis 10 percepatan pada beberapa model tertentu.

Menurut keterangan President Director PT TAM, Henry Tanoto menjelaskan bahwa pihaknya menemukan adanya potensi masalah di dalam transmisi otomatis 10 percepatan. Oleh sebab itu, wajib dilakukan pengecekan dan perbaikan untuk mencegah kendala safety.

Baca Juga: Penjualan Toyota Kijang Innova Zenix, 70 Persen Dari Varian Hybrid

Lexus LX600 (Foto: Lexus)

Reprogamming ECU Transmisi Tanpa Dipungut Biaya

"Kami menghimbau pelanggan agar untuk melakukan pengecekan mobilnya apakah masuk dalam kategori recall dan datang ke bengkel resmi Toyota atau Lexus untuk reprogamming ECU transmisi, tanpa dipungut biaya," ungkap Henry dalam keterangan resminya.

Pada penarikan produk ini, kendaraan yang terdampak adalah Toyota Toyota Land Cruiser 300 produksi Juli 2021 hingga Januari 2024. Sedangkan, untuk Lexus LX600 produksi Januari 2022 hingga Januari 2024.

Dampak Kerusakan ECU Transmisi

Toyota menjelaskan kendaraan yang terdampak, umumnya mengalami masalah pada cakram kopling di dalam transmisi 10 percepatan. Di mana, ketika tuas transmisi digeser ke posisi netral dan tekanan dilepas dari piston kopling, cakram kopling tidak segera terlepas dari pelat, sehingga memungkinkan sebagian tenaga mesin tetap disalurkan ke roda.

Baca Juga: Pembelian Toyota Innova Zenix Hybrid Varian Q Masih Inden 1 Bulan

Dijelaskan, jika kondisi ini terjadi saat kendaraan berada di permukaan yang datar, khususnya ketika pengemudi tidak menggunakan rem parkir, dapat membuat mobil merayap ke depan tidak sengaja dengan kecepatan rendah hingga sekitar 6 kpj.

Estimasi pengerjaan reprogramming ECU akan berlangsung sekitar 30 menit tanpa penggantian suku cadang.