Toyota Lebarkan Sayap Perkenalan Mobil Listriknya Ke Sumatera Utara

Toyota Lebarkan Sayap Perkenalan Mobil Listriknya ke Sumatera Utara TAM

KabarOto.com - Toyota memperluas jangkauan EV Smart Mobility Project dengan mengadakan kegiatan popularisasi ekosistem kendaraan listrik di kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara.

Toyota mengklaim menjadi inisiator pertama popularisasi ekosistem kendaraan elektrifikasi di Pulau Sumatera. “Ekspansi project ini diharapkan kian memperluas akses masyarakat untuk mendapat pengalaman tentang kendaraan listrik dan ekosistemnya,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda.

Tak hanya berfungsi untuk mempopularisasikan teknologi elektrifikasi milik Toyota, project ini juga ditargetkan memberi dampak positif terhadap upaya pemulihan sektor pariwisata.

Pemilihan lokasi EV Smart Mobility Toba juga diklaim berdasarkan The 5 Super-Priority Tourist Destination in Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: Baterai Mobil Listrik Wuling Air Ev Diklaim Aman Ketika Terendam Air

Project ini dipusatkan di kawasan pulau Samosir yang merupakan salah satu destinasi populer dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara.

Memiliki luas sekitar 630 km2, masyarakat maupun wisatawan bisa memanfaatkan kendaraan elektrifikasi Toyota untuk mengelilingi pulau Samosir yang dikelilingi oleh Danau Toba dengan dengan pesona panorama menarik.

Toyota menempatkan 10 unit Full Battery Electric Vehicle yaitu Toyota C+Pod dan 1 unit Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yaitu Toyota Prius PHEV.

Sebagai infrastruktur pendukung juga telah dibangun 1 stockyard, 1 main station pengisian listrik, dan 2 sub station. Semuanya terintegrasi untuk mendukung mobilitas wisatawan maupun masyarakat ke rute-rute sekitar.

Baca juga: Bosch Luncurkan Sistem Rem ABS Baru Untuk Sepeda Listrik

Tidak kurang dari 10 destinasi wisata akan dilintasi oleh rute EV Smart Mobility Toba. Lima diantaranya adalah Tuk Tuk, Tomok, Batuhoda, Parbaba dan Lumban Suhi untuk rute Toyota C+Pod. Kemudian rute Parapat, Kaldera, Sibea-bea, Pandang Tele, dan Efrata serta wilayah sekitarnya dapat dicapai menggunakan unit Toyota Prius PHEV.

Untuk dapat menikmati layanan dalam project ini, masyarakat memiliki 3 pilihan cara. Cara yang pertama adalah dengan datang langsung ke dua station utama yang terletak di area Lekjon & area Lingkar Tuktuk.

Masyarakat juga bisa melakukan pemesanan melalui perantara hotel atau resort di wilayah Toba Samosir yang telah bekerjasama dalam project ini. Cara yang terakhir adalah dengan mengakses langsung layanan reservasi secara digital melalui aplikasi m-toyota dan TRAC to GO atau melalui call center 1500-009.