POPULAR STORIES

Bosch Luncurkan Sistem Rem ABS Baru Untuk Sepeda Listrik

Bosch Luncurkan Sistem Rem ABS Baru untuk Sepeda Listrik ABS Bosch E-Bike 2023 (foto : Bosch)

KabarOto.com – Pabrikan penyuplai komponen otomotif asal Jerman, Bosch baru-baru ini meluncurkan sistem rem ABS terbaru untuk sepeda listrik.

Sistem rem ABS kini bukanlah hal baru di dunia mobil dan motor. Bahkan hampir setiap mobil atau motor yang dijual di pasar berbagai negara sudah dilengkapi dengan ABS. Salah satu pelopornya adalah Bosch yang membawa teknologi ini ke industri otomotif lebih dari 40 tahun. Pada 2018, Bosch meluncurkan sistem ABS untuk sepeda listrik yang sedang naik daun.

Baca juga: Baterai Mobil Listrik Wuling Air Ev Diklaim Aman Ketika Terendam Air

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Bosch berinovasi dalam teknologi ini untuk sistem pengereman sepeda listrik. Meskipun sepeda listrik tidak dapat melaju terlalu kencang, pihak Bosch Accident Research melakukan pengujian. Bagaimanapun, sistem pengereman anti-lock yang efisien dapat diandalkan hingga mengurangi 29 persen kecelakaan dari sepeda listrik.

Untuk mengurangi angka kecelakaan, pihak Bosch kini meluncurkan sistem ABS terbaru untuk model 2023. Perangkat anyar ini diklaim dapat mengurangi kemungkinan terjatuh atau terlempar saat melakukan pengereman mendadak.

Sistem e-bike Bosch ini sedikit menggusung teknologi yang di adaptasi untuk sepeda motor. E-bike ABS terbaru ini diklaim bentuknya lebih kecil dan lebih ringan dari pendahulunya.

Baca juga: Motor Listrik Segway Meluncur, Dijual Melalui 3 Marketplace

Untuk sepeda listrik terbaru, pihak pabrikan memiliki banyak berbagai model. Seperti, pengendara sepeda e-cargo yang dilengkapi Bosch ABS Cargo yang memiliki pengereman yang cepat, aman, dan presisi walaupun sedang membawa barang yang berat. ABS Touring, model ini sangat cocok untuk penggunaan sepeda listrik di jalur perkotaan di mana banyak perubahan kondisi jalan seperti, penyebrangan pejalan kaki, dan lampu lalu lintas.

Lalu, ada ABS Allroad cocok untuk sepeda eMountain yang biasa untuk melibas jalan kerikil, jalan hutan, dan off-road. Terakhir, ada ABS Trail yang diperuntukan eMTB sporty yang sering melewati jalur yang menantang. Pengendara dapat dengan mudah beralih antara mode ABS Allroad dan ABS Trail dengan menekan tombol mode di saklar.