Baterai Mobil Listrik Wuling Air Ev Diklaim Aman Ketika Terendam Air

Baterai Mobil Listrik Wuling Air ev Diklaim Aman Ketika Terendam Air Wuling Air ev (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Salah satu bagian paling penting dan sensitif pada mobil listrik adalah baterai dan port pengisian daya listrik. Namun, komponen yang ada juga pada Wuling Air ev ini diklaim kuat di berbagai kondisi, termasuk ketika terendam air.

Menurut keterangan Product Planning PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Danang Wiratmoko bahwa banyak masyarakat awam takut pada baterai mobil listrik yang menyetrum ketika hujan dan banjir.

Baca juga: Wuling Air Ev Incar Pembeli Mobil Pertama Di Indonesia

"Kami sangat memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan konsumen. Oleh karena itu, kami melakukan riset dan pengembangan untuk mobil listrik. Baterai mobil listrik Wuling Air ev telah lulus dari 16 pengetesan," ungkap Danang.

Port pengisian daya listrik

Wuling Motors telah melakukan pengetesan baterai pada mobil listrik mungilnya, berupa Drop Test (Uji Jatuh) dari ketinggian satu meter, Flip Test (Uji Rotasi/Dibolak-balik), Submergence Test (Uji Perendaman) berstandar IP 67 di kedalaman satu meter selama 30 menit, Impact Test (Uji Tabrakan) dengan akselerasi maksimum 28G, Burn Test (Uji Pembakaran) selama 130 detik, Vibration Test (Uji Vibrasi) menggunakan getaran berkekuatan 24 Hz.

Baca juga: Inilah Spesifikasi Baterai Mobil Listrik Wuling Air Ev

"Pada kondisi pengetesan, baterai Wuling Air ev aman. Tidak bocor, tidak menimbulkan risiko ledakan, saat uji perendaman tidak ada arus pendek karena air masuk sehingga mengganggu fungsinya,” jelas Danang.

Wuling Motors mengaku baterai mobil listrik mungilnya ini menggunkan bahan material lithium iron phosphate (LFP). "Komponen LFP ini lebih stabil dan lebih tahan kebakaran dibandingkan lithium-ion,” tambah Danang.

Sebagai informasi, Wuling Air EV menggunakan baterai berkapasitas 18 kWh untuk tipe Standard Range serta 26,5 kWh untuk yang Long Range. Daya listrik yang dibutuhkan untuk pengecasannya minimal 2.200 watt.