POPULAR STORIES

Toyota Patenkan Transmisi Manual Terbarunya

Toyota Patenkan Transmisi Manual Terbarunya Gambar Paten Transmisi Manual Toyota (foto: Paultan.org)

Kabaroto.com- Berbagai teknologi yang hadir di industri otomotif semakin berkembang pesat saat ini. Tak ingin ketinggalan, Toyota terus mengembangkan berbagai inovasi baru salah satunya adalah menghadirkan teknologi terbaru di transmisinya. Belum lama ini, Toyota diketahui telah mengajukan paten transmisi manual terbarunya di kantor paten Amerika Serikat dan Trademark Office.

Seperti dilansir laman Paultan, Rabu (9/8/2017) dalam paten terlihat, transmisi manual milik Toyota ini dilengkapi electronic control unit (ECU) yang bisa mengoperasikan kopling dan gearbox secara tepat dan benar.

Baca Juga:

Electronic control unit (ECU) akan secara otomatis melepas kopling disaat mobil meluncur (melaju) sehingga diklaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil. Fungsi ini juga dapat memperpanjang usia kampas kopling pada mobil sehingga lebih hemat.

Selain itu, komponen tersebut juga mampu mengoperasikan gearbox yang dimaksudkan untuk mengoreksi pengguna ketika salah memasukkan gigi terlalu rendah ataupun terlalu tinggi yang disesuaikan dengan kecepatan mobil.

Hal tersebut mampu mempermudah para pengendara, termasuk bagi pengemudi pemula yang masih kerap salah memasukan gigi mobil.

Sayangnya dalam paten yang diajukan oleh Toyota tak menunjukkan metode kontrol secara spesifik. Diperkirakan konfigurasi penggunaan sistem ini akan berbeda dengan transmisi yang tersedia saat ini.