POPULAR STORIES

Toyota Prediksi Penjualan Menurun Pada Ramadhan Tahun Ini

Toyota Prediksi Penjualan Menurun pada Ramadhan Tahun Ini Jajaran produk Toyota

KabarOto.com - Setiap tahunnya, penjualan mobil baru jika memasuki bulan Ramadhan selalu meningkat. Konsumen cenderung mengganti mobil lama dengan yang baru, selanjutnya digunakan mudik atau pulang kampung untuk lebaran.

Namun sepertinya tahun 2020 ini, konsumen cenderung akan menahan keuangan mereka sehingga penjualan mobil diprediksi akan turun. Hal itu akibat pandemik virus Corona atau Covid-19 yang menyebabkan pemerintah daerah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurunnya penjualan bukan hanya pada satu brand otomotif saja, hampir semuanya, termasuk Toyota.

Baca Juga: Permintaan Meningkat, Toyota Siapkan Kijang Innova Ambulance

Prediksi penurunan penjualan itu disebutkan Anton Jimmy Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM). "Kami berharap belakangan ini akan ada penjualan. Jika melihat market pada bulan Maret pastinya akan adanya penurunan dibandingkan dengan tahun lalu. Namun, kami belum bisa prediksi lebih lanjut," ungkapnya.

Dia menambahkan, market otomotif tergantung dengan ekonomi. Para pakar memprediksi secara global perekonomian akan mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun lalu.

"Penurunan penjualan ini dikarenakan adanya wabah virus Corona, sehingga memaksa orang-orang tidak berpergian untuk mengurangi penyebaran virus corona," terangnya.

PSBB yang membatasi pergerakan orang termasuk pelaku industri otomotif, dan berpenganruh pada pergerakan leasing yang merupakan faktor penting dalam penjualan.

Dengan menurunnya perekonomian juga turut berpengaruh pada penjualan Toyota dan juga merek lainnya. "Adanya PSBB juga berpengaruh pada kami, memberi dampak terhadap target Toyota," terangnya.

Baca Juga: Test Drive Toyota Kijang Innova 2.4G M/T Diesel, Impresi Saat Menjelajah Jakarta Hingga Jawa Timur

Meski penjualan di segmen monil penumpang diprediksi menurun, namun PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah mendapat pesanan untuk mobil ambulans. Meski Toyota Hiace sudah dihadirkan dan di jual versi ambulans.

Namun konsumen ada yang tertarik untuk menggunakan Toyota Kijang Innova sebagai kendaraan medis. "Ada beberapa pertanyaan dan permintaan untuk Kijang Innova dijadikan sebagai mobil ambulans," tutup Anton.