POPULAR STORIES

Toyota Supra Ikut Dalam GT4 Begini Spesifikasinya

Toyota Supra Ikut Dalam GT4 Begini Spesifikasinya

KabarOto.com – Setelah sebelumnya Toyota meluncurkan Supra GT4 Concept pada ajang Geneva Motor Show 2019 bulan Maret lalu, akhirnya mobil tersebut selesai digarap dan siap untuk ikut balap.

Sepertinya kita tidak perlu membahas eksteriornya terlalu jauh, karena hanya ubahan minor saja yang dilakukan oleh Toyota dan murni untuk kebutuhan aerodinamika saat balap. Misalnya saja penambahan lower spoiler model winglet setiap sisinya, lalu terdapat Gt wing besar demi menambah downforce ketika kecepatan tinggi. Selain itu semua masih standar pabrikan dan material diganti supaya ringan.

Mesin yang digunakan nantinya adalah 3.0 liter, 6 silinder segaris. Nah tenaganya sendiri sudah tidak 340 dk lagi, namun sudah meningkat mencapai 430 dk dan torsi maksimum 649 Nm, Tenaga tersebut didapat juga dari dukungan penggantian knalpot aftermarket Akrapovic. Disambung ke gearbox sequential 7 percepatan, demi menggerakkan roda belakang spesifikasi balap dan sudah LSD.

Baca Juga : Body Kit Rocket Bunny Toyota Supra A90 Rilis Di SEMA 2019

Jika digunakan balap, salah satu faktor penting selain mesin pastinya kaki-kaki. Oleh karena itu, ban Supra GT4 ini menggunakan Pirelli sesuai spesifikasi GT4, lalu sistem pengeremannya juga didukung oleh Brembo 6 piston bagian depan dan 4 piston bagian belakang. Begitu pula suspensinya memakai garapan dari KW suspension agar lebih rigid melahap tikungan.

Karena bobot sangat penting dalam ajang balap, maka beban Supra A90 ini cukup dipangkas sehingga mencapai angka sekitar 1.480 kg saja. Mulai dari mengeluarkan part interior, bahan karbon fiber, dan sebagainya.

Baca Juga : Profil - Toyota GR Supra

Masuk kedalam interiornya, panel interior pastinya sudah trondol. Tidak bisa kita harapkan kenyamanan seperti mobil harian pada Supra GT4 ini. Hanya terdapat panel instrumen karbon demi menunjukkan keterangan keadaan mobil, stir balap khusus, jok bucket seat lengkap sabuk pengaman 6 titik. Dan paling penting ialah roll cage untuk melindungi saat terjadi kecelakaan.

Soal harga, Toyota Supra standar berkisar US$ 50.945 atau sekitar Rp 700 jutaan diluar negeri. Tapi versi balapnya malah jauh lebih mahal loh, hampir 4 kali lipat yakni US$ 194.000 atau Rp 2.7 miliar loh. Hayo sudah minim fitur tapi lebih mahal, itulah namanya mobil balap semua paling penting adalah kecepatan, keamanan dan stabil.