POPULAR STORIES

Toyota Tarago Dihentikan Penjualannya Untuk Pasar Australia

Toyota Tarago Dihentikan Penjualannya untuk Pasar Australia

KabarOto.com – Sobat KabarOto familiar dengan Tarago? Untuk pasar negara Jepang, Asia termasuk Indonesia, dikenal sebagai Toyota Previa.

Mobil ini memulai debutnya untuk pasar Australia pada awal 1980-an, MPV berkapasitas 7 sampai 8 penumpang ini akhirnya akan diberhentikan penjualannya. Toyota Australia mengambil keputusan ini, karena modelnya yang sudah usang dan tidak ada pembaruan lagi, rencananya digantikan oleh Toyota Granvia yang berbasis dari Hiace.

Dilansir dari Caradvice, Toyota Tarago memiliki 3 varian yaitu GLi, GLX dan Ultima, untuk varian Gli dan GLX memiliki 2 pilihan mesin yaitu 2.400 cc 4 silinder dan 3.500 cc V6. Untuk varian tertingginya yaitu Ultima hanya memakai mesin 3.500 cc V6 saja. Bicara soal harga mobil ini mulai dari AUS$50,490 atau sekitar Rp 482 jutaan, sementara untuk varian teranyar harganya AUS$65,261 atau setara Rp 623 jutaan.

Baca juga: Tahun Depan, Toyota Alphard Dan Velfire Mendapatkan Penyegaran

Dikenal sebagai Toyota Previa

Bicara soal dapur pacu untuk mesin 4 silinder DOHC berkapasitas 2.400 cc ini menghasilkan tenaga 167 dk dan torsi 224 Nm, tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT dengan 7 percepatan sequential. Sementara mesin V6 3.500 cc menghasilkan tenaga 270 dk dan torsi 340 Nm, tenaga tersebut disalurkan ke roda depan disambung ke transmisi otomatis 6 percepatan.

Dari data hasil penjualan dilansir dari goauto.com, Toyota Tarago mulai dijual dari tahun 1983 hingga saat ini sudah menorehkan penjualan sebanyak 104,444 unit.

Tidak seperti Tarago, Toyota Granvia nantinya akan memakai mesin diesel sebagai varian terjangkau, nantinya akan memakai menggunakan mesin yang samaseperti Hilux. Diesel 4 Silinder Turbo berkapasitas 2.800 cc yang dapat menghasilkan tenaga 174 dk dan torsi 450 Nm. Nantinya Granvia juga memiliki opsi mesin bensin, yaitu V6 3.500 cc dengan output tenaga 277 dk dan torsi 351 Nm.

Salah satu alasan lainnya kenapa Tarago di hentikan penjualannya karena sudah kalah saing dan segi desain dan fitur dari Kia Carnival terbaru.

Baca juga: Berkat Fitur Ini, Toyota Alphard Diganjar Bintang 5 Dalam Uji Tabrak

Toyota Grandvia dimensinya lebih besar

Sean Hanley selaku Vice President of Sales and Marketing Toyota Australia mengatakan, Toyota Granvia nantinya menawarkan mobil keluarga mewah dengan kelapangan kabin serta kenyamanan dan superior.

“Apakah anda ingin merasakan bagaimana dijemput dengan mobil sekelas Hotel bintang lima? Toyota Granvia adalah jawaban untuk anda,” ungkap Hanley.

Nantinya calon konsumen akan di manjakan pada baris kedua, terdapat pilihan angkut 7 penumpang dan 8 penumpang, khusus untuk 7 penumpang akan menggunakan kursi tengah model captain seat.

“Desain ala Eropa, sangat nyaman, performa terbaik dengan fitur keamanan tinggi, Granvia sangat cocok untuk konsumen di Australia,” tutup Hanley.

Bicara soal harga Toyota Australia masih tutup mulut untuk Granvia, namun rencananya mobil ini akan meluncur menjelang akhir 2019 mendatang. (Rizky Hidayat)