POPULAR STORIES

Berkat Fitur Ini, Toyota Alphard Diganjar Bintang 5 Dalam Uji Tabrak

Berkat Fitur Ini, Toyota Alphard Diganjar Bintang 5 Dalam Uji Tabrak Uji tabrak Toyota Alphard (istimewa)

KabarOto.com - Hasil uji tabrak Toyota Alphard berhasil menuai hasil cemerlang. Di mana premium MPV Toyota itu berhasil mendapatkan rating bintang lima dalam tes tabrak yang digelar oleh Japan New Car Assessment Programme (JNCAP).

Torehan manis yang diraih Toyota Alphard sendiri tidak hanya mendapat nilai tertinggi dalam perlindungan penumpang saja, namun perlindungan terhadap pejalan kaki bahkan keselamatan preventif.

Untuk perlindungan penumpang, Toyota Alphard dan Vellfire meraih nilai 90,82 poin, berkat kekuatan beban rendah di kepala, leher, dada, dan juga kaki. Sementara untuk perlindungan kaki, Alphard meraih poin sebesar 73,99.

Baca juga: Toyota Supra Anyar Bakal Jadi Ancaman Di Balap 24 Jam

Tidak sampai disitu saja, nilai positif juga diberikan JNCAP untuk penyelamatan pasca kecelakaan, pasalnya Alphard memiliki pintu yang mudah dibuka usai terjadi tabrakan. Pintu Alphard pun mudah dibuka dalam uji tabrakan mobil ke mobil dengan kecepatan 60 kpj, uji benturan samping dan uji tabrakan belakang.

Vellfire

Tingginya penilaian untuk Toyota Alphard tak lepas dari hadirnya fitur pencegahan kecelakaan yang tersedia di standar Alphard Jepang yakni Toyota Safety Sense (TSS), yang mampu mengendalikan kendaraan dalam situasi pengereman darurat.

Fitur TSS sendiri dapat bekerja secara maksimal ketika di malam hari. JNCAP sendiri sempat memuji konsistensi kinerja TSS, ketika menghadapi kondisi cahaya yang minim.

Baca juga: Tata Motors Siapkan Rival Kuat Toyota Yaris Dan Honda Jazz, Ini Sosoknya!

Untuk diketahui, cara kerja TSS adalah melakukan pengereman darurat ketika kendaraan keluar dari persimpangan atau terdapat pejalan kaki yang tiba-tiba menyebrang. Hingga saat ini, fitur itu memang belum hadir di pasar ASEAN. Pun begitu, seluruh mobil Toyota yang saat ini dipasarkan telah memiliki keamanan bintang lima dari ASEAN NCAP.