Toyota Tutup Tahun 2019 Dengan 1,8 Juta Unit Penjualan Avanza

Toyota Tutup Tahun 2019 dengan 1,8 Juta Unit Penjualan Avanza Foto: KO

KabarOto.com - Sejak pertama kali diperkenalkan ke publik pada 11 Desember 2003, lebih dari 43 ribu unit Avanza terjual pada tahun perdananya. Kini di usianya yang ke-16 tahun Toyota mengklaim Avanza menjadi MPV terlaris di Indonesia dengan lebih dari 1,8 juta pelanggan.

Bahkan menurut Toyota, pada tahun ini angka penjualan Avanza tumbuh sebesar 6,9% dibandingkan tahun lalu, di tengah penurunan permintaan pasar sebesar 11,1% pada segmen Low MPV.

“Kami bersyukur hingga di usianya ke-16 tahun ini, Avanza senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini tercermin dari angka penjualan masih tetap tumbuh sebesar 6,9% di akhir tahun 2019 ini,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Baca Juga: 2 Mobil Modifikasi Member Velozity Jadi Daya Tarik Penutupan Avanza Veloz Sebangsa

“Pasar Low MPV berkembang sangat pesat semenjak Avanza muncul. Satu tahun sebelum Avanza muncul, pasar Low MPV hanya berkisar 5 ribuan unit. Namun setelah Avanza muncul pasar Low MPV naik tajam menjadi mendekati 80 ribu unit pada akhir tahun 2004. Bahkan, pasar Low MPV pernah mencapai titik tertinggi di tahun 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit,” tambah Anton Jimmi.

“Berbagai masukan yang diberikan oleh pelanggan setia Avanza, memberikan dorongan bagi kami untuk senantiasa meningkatkan performa Avanza baik dari sisi durability, kenyamanan, dan keamanan. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh para pelanggan, sehingga menjadikan Avanza sebagai MPV paling laris saat ini,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.