POPULAR STORIES

Toyota Yaris Cross Produksi Karawang Diekspor Ke 25 Negara

Toyota Yaris Cross Produksi Karawang Diekspor ke 25 Negara Eskpor Toyota Yaris Cross ke 25 negara (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - All New Toyota Yaris Cross atau HEV Toyota All New Yaris Cross di ekspor ke kawasan Amerika Latin dan Asia. Meskipun tidak disebutkan nama negaranya, namun Yaris Cross produksi Karawang ini akan dikirim ke 25 negara.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, perdana untuk tipe bensin dan Hybrid Electric Vehicle . "Kendaraan tersebut merupakan produksi pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat," ujar Agus.

Politisi Partai Golkar ini juga menambahkan, nilai investasi untuk memproduksi Toyota Yaris Cross Hybrid mencapai angka Rp 2,5 triliun. Di mana, ini menjadi model elektrifikasi kedua yang diproduksi lokal, setelah Kijang Innova Zenix.

Baca Juga: Intip Spesifikasi Lexus LBX Penggerak Hybrid, Kembaran Toyota Yaris Cross

Toyota Yaris diekspor ke Amerika Latin dan Asia

Diketahui, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melakukan pengiriman pertama untuk seluruh model, yakni Yaris Cross tipe Bensin dan Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Selain itu sebagai basis ekspor, Toyota Indonesia pada tahun 2023 menargetkan ekspor Yaris Cross versi bensin dan HEV sebanyak lebih dari 22.000 unit ke negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Asia. Diharapkan, ekspor Yaris Cross akan terus meningkat dari tahun ke tahun dengan target sekitar 40.000 unit di 2025.

Produksi Yaris Cross memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor kendaraan Toyota di Asia Pasifik, bahkan di era elektrifikasi, terutama karena Indonesia dipercaya sebagai negara pertama, yang melakukan produksi lokal model ini setelah Kijang Innova Zenix.

Baca Juga: 2 Juta Lebih Data Pelanggan Toyota Bocor Ke Publik

Baterai listrik Yaris Cross juga dirakit lokal oleh Toyota Indonesia di pabrik Karawang 2. Sementara mesin diproduksi di pabrik Karawang 3. Produksi Yaris Cross juga menjadi bukti tingkat kedalaman industri manufaktur otomotif nasional ke level industri komponen lokal yang lebih dominan.

Bersamaan dengan itu, Toyota juga mengumumkan harga resmi untuk Yaris Cross, yakni mulai dari Rp 351 juta hingga Rp 449 jutaan.