Toyota Yaris Versi Eropa Berbasis Bodi Mazda2

Toyota Yaris Versi Eropa Berbasis Bodi Mazda2

KabarOto.com – Mobil Toyota Yaris di Indonesia memang sangat popular, tetapi ternyata Yaris versi Indonesia dan Eropa ternyata memiliki desain yang berbeda loh.

Desain Yaris lokal sekarang memiliki garis-garis lebih tajam dan sporty, sementara untuk model terbaru versi Eropa Yaris mengambil basis dari Mazda2 atau Demio, yang sedikit diubah bentuk depannya.

Ini bukan kali pertama Toyota berbagi platform dengan merek lain, setelah sebelumnya ada Supra yang sharing platform dengan BMW Z4. Namun bukan berarti mobil ini menjiplak langsung yah, desainnya masih ada perbedaan dengan Mazda2.

Baca juga : Test Drive - All New Mazda CX-9, Bodi Besar Bukan Halangan!

Pembeda yang jelas terlihat adalah bagian depannya, Yaris menggunakan desain bumper lebih futuristik, contoh pada air dam yang besar dengan garnis krom, lengkap dengan foglamp pada sisi kanan-kirinya. Lalu gril dibuat hanya logo Toyota serta lubang angin di kanan-kirinya, dan lekukan tambahan pada bagian samping gril radiator membuat kesan mobil ini malah mirip Lexus RX versi kecil.

Untuk sistem penerangannya, headlamp sudah mengusung lampu projektor, ditambah LED DRL yang desainnya mirip kepunyaan Mazda2, namun memang untuk lampu sein masih menggunakan halogen biasa.

Secara keseluruhan modelnya masih sama persis dengan kembarannya, tidak ada ubahan dari bentuk bodi, masih mengusung bahasa bodi Kodo Design yang dianut oleh Mazda, hingga penggunaan lampu rem yang masih tetap sama. Hanya terdapat pembeda di logo “Yaris” dan tipe “XLE”-nya.

Tetapi patut disayangkan, sebab untuk pelek standar Yaris masih dengan finishing warna silver, sementara untuk Mazda2 tipe R saja sudah mengusung dual-tone. Modelnya masih mirip juga dengan palang 5 berukuran 16 inci berbalut ban Toyo ukuran 195/45 R16.

Baca juga : Ini Spesifikasi Mazda RX-7 Jawara IMX 2018

Lanjut ke sisi kabin, tidak ada sesuatu yang special kecuali logo Toyota disetir. Desain ke Eropaan khas Mazda2 masih digunakan pada Yaris ini. Hanya saja, bahan kulit diubah jadi warna putih agar terlihat lebih dinamis dan segar.

Soal fitur-fitur, layar headunit 7 inci dengan pengaturan mirip BMW i-Drive masih turut digunakan, dengan akses Apple CarPlay dan Android Auto, serta ada juga sistem navigasi yang sudah terintegrasi dengan opsional Micro SD yang dijual terpisah. Lengkapnya lagi, AC sudah dual climate control, ada juga rain sensing, dan setir yang sudah audio steering switch dan fitur cruise control.

Jantung mekanis juga masih menggunakan punya Mazda2 SKYACTIV-G konfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.5 liter, dengan output sebesar 106 dk dan torsi 141 Nm. Yang disambung ke transmisi otomatis 6 percepatan ke roda depan.

Kabarnya mobil ini akan dipamerkan pada ajang New York Auto Show tanggal 17 April mendatang. Tapi, memang belum ada bocoran harga dari mobil ini. Bagaimana menurut kalian bagusan model Mazda2 atau Yaris?