Transfer Teknologi Mercedes-AMG Project ONE Dari Formula 1

Transfer Teknologi Mercedes-AMG Project ONE dari Formula 1

KabarOto.com - Keberhasilan Lewis Hamilton meraih titel juara dunia Formula 1 yang ke 7 kalinya, tidak lepas dari andil rim balapnya, yakni Mercedes-AMG Petronas W11. Nah, dengan mobil berkode sasis W11 inilah Hamilton mendominasi balapan Formula 1 meraih kemenangan setiap serinya, tak luput Valttieri Bottas selaku rekan satu timnya, menorehkan kemenang pada beberapa balapan dan konsisten meraih podium.

Lalu, apa hubungannya dengan Mercedes-AMG Project ONE ini yah?

Hypercar lansiran Mercedes-AMG ini merupakan sebuah mobil dengan dua tempat duduk yang mentransfer teknologi hibrida F1 terbaru. Teknologi hibrida F1 ini merupakan teknologi mesin modern dan efisien selama balapan F1 berlangsung.

Baca juga: Hypercar Mercedes-AMG Project ONE, 1.000 DK!

Performa dari mesin hibrida F1 dari Mercedes, menghasilkan hampir 1.000 dk dengan kecepatan maksimum mencapai 350 kpj. Mercedes-AMG Project ONE akan menggabungkan performa trek balap yang menakjubkan dan teknologi hybrid Formula 1.

Nah pada video berikut, menampilkan pembalap andalan Mercedes-AMG Petronas dan juara dunia F1 7 kali Lewis Hamilton, usai balapan terakhir langsung bergegas untuk memacu Mercedes-AMG Project ONE.

Jantung pacu dari Mercedes-AMG Project ONE menggunakan mesin berperforma tinggi EQ Power +. Pengalaman balapan di F1 dan sudah meraih 7 juara dunia konstruktor, menjadi alasan mesin Mercedes V6 Hybrid dengan turbo elektrik berkapasitas 1.600 cc dan motor listrik menjadi sumber tenaga hypercar ini.

Turbocharger listrik membawa keuntungan lain: menggunakan bagian dari kelebihan energi dari sistem pembuangan untuk menghasilkan listrik, dan menyimpannya dalam baterai lithium-ion tegangan tinggi sebagai bagian dari pemulihan energi atau menyediakan tenaga penggerak tambahan dengan mengirimkannya ke motor listrik lainnya. Motor ini menghasilkan 120 kW (160 dk), dipasang langsung di mesin dan terhubung ke poros engkol melalui roda gigi (MGU-K = Motor Generator Unit - Kinetic).

Teknologi inilah yang menjadi andalan pada mobil-mobil balap Mercedes-AMG Petronas saat balapan di sirkuit.

Baca juga: Mercedes-AMG Petronas Pamerkan Livery Penutup Musim 2020

Berikut adalah spesifikasi dari Mercedes-AMG Project ONE:

Mesin V6 Turbo
Kapasitas 1.600 cc
Transmisi Automated AMG SPEEDSHIFT 8-speed
Tenaga (Roda Belakang) 670 dk
Motor Listrik (Roda Depan) 160 dk x 2
Total Tenaga 992 dk
Jangkauan Listrik 25 km
Sistem Penggerak Variable AMG Performance 4MATIC+ all-wheel drive with hybrid-drive rear axle, electrically driven front axle and torque vectoring
Akselerasi 0-200 kpj 6 detik
Kecepatan Maksimal 350 kpj