POPULAR STORIES

Transisi Menuju Kendaraan Listrik, Seres E1 Bisa Jadi Opsi Harga Terjangkau

Transisi Menuju Kendaraan Listrik, Seres E1 Bisa Jadi Opsi Harga Terjangkau Mobil listrik Seres E1 (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - Industri otomotif Indonesia tengah bergerak menuju transisi ke kendaraan listrik. Dalam hal ini, pembangunan infrastruktur terus dilakukan dan pilihan mobil listrik mulai dari yang terjangkau hingga termahal sudah mulai beredar di Indonesia.

PT Sokonindo Automobile melalui merek Seres menawarkan mobil listrik terjangkau bernama Seres E1. Di mana, mobil listrik yang cocok untuk digunakan di perkotaan ini, bisa jadi salah satu pilihan untuk menuju transisi ke kendaraan listrik.

Seres E1 memiliki dua pilihan varian, yakni Type B dibanderol Rp 189 juta, sedangkan Type L berada di angka Rp 219 juta. Harga tersebut berstatus on the road DKI Jakarta. Lalu, bagaimana dengan spesifikasinya?

Dimensi Seres E1 cocok digunakan di perkotaan

Secara dimensi, Seres E1 memiliki panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm dan tinggi 1.640 mm. Sedangkan jarak umbu roda 1.960 mm, serta ground clearance 135 mm. Ukurannya yang compact diklaim mampu mengeksplorasi ruang terbatas di jalan perkotaan.

Baca Juga: Promo DFSK Gelora E Dan Seres E1 Di PEVS 2024

Desain Eksterior Dan Interior

Dari sisi eksterior, mobil pabrikan Tiongkok ini menggunakan LED DRL memanjang di fascia depan, kaca spion dengan lampu sein LED, lampu rem di bagian atas jendela belakang, sampai dengan pelek Diamond Cutting Polish Alloy 13 inci.

Area kabin sederhana, menampung empat penumpang

Masuk ke kabin, penumpang akan disajikan desain dashboard simplicity yang didukung panel instrumen beraksen kayu. Tersedia juga instrumen cluster full digital berukuran 7 inci, head unit berukuran 8,8 inci (untuk varian Type L), kontrol AC dengan panel sentuh, dan desain e-Shift Selector yang unik.

Memiliki kapasitas 4 orang, Seres E1 menggunakan jok ergonomis dan headrest lengkap dengan lubang udara.

Spesifikasi Motor Listrik

Tersedia dua pilihan varian, Seres E1 Type B dibekali baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh dan jarak tempuh maksimal 180 kilometer, serta dapat diisi 10 hingga 90 persen menggunakan soket AC Type 2 hanya dalam waktu 3,5 jam.

Berada di belakang, motor penggerak Seres E1 Type B mampu menghasilkan tenaga hingga 25 kW dan torsi di 100 Nm. Sedangkan untuk Type L 30 kW dan torsi 100 Nm.

Baca Juga: Mobil Listrik Mungil Seres E1 Resmi Dirakit Lokal

Seres E1 Type B dibanderol Rp 189 juta

Sedangkan Seres E1 Type L memiliki baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 16,8 kWh dan jarak tempuh maksimal di 220 kilometer, dan dapat diisi 10 hingga 90 persen menggunakan soket AC Type 2 hanya dalam waktu 4 jam.

Tak perlu khawatir tentang keamanan baterai,karena mobil inj telah dilengkapi dengan fitur Collision Power Failure Protection, Battery System Thermal Management, Charging Port Cover Reminder, dan High Voltage Safety Monitoring.

Baterai ini juga sudah lulus Sertifikat IP67, sehingga penumpang tidak perlu khawatir tersetrum atau rusak saat melewati genangan air.

Diproduksi lokal di pabrik Cikande

Produksi Lokal

PT Sokonindo Automobile telah memproduksi mobil listrik Seres E1 di fasilitas pabrik yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten pada akhir tahun 2023.

Pabrik ini memiliki teknologi lengan robotik yang mendapatkan dukungan operasi otomatis melalui pemanfaatan internet untuk koordinasinya. Penggunaan teknologi robotik ini berfungsi untuk memaksimalkan kualitas pengerjaan SDM dalam menghasilkan kendaraan listrik.