POPULAR STORIES

Transjakarta Bantah Gunakan Ban Vulkanisir

Transjakarta Bantah Gunakan Ban Vulkanisir Foto : istimewa

KabarOto.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memastikan tidak menggunakan ban vulkanisir pada setiap unit armada.

“Transjakarta tidak pernah menggunakan ban vulkanisir pada semua armada baik swakelola maupun milik operator,” tegas Direktur Utama PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo.

Baca juga: Asyik! 7 Dari 12 Koridor Halte Transjakarta Sudah Dilengkapi Fasilitas Wifi Gratis

Sebelumnya, beredarnya kabar bus Transjakarta menggunakan ban jenis ini pasca mengalami kerusakan di kawasan Harmoni, Jakarta. Bus yang mengalami kerusakan tersebut milik swakelola Transjakarta dengan nomor body TJ217 yang beroperasi dengan rute PGC – Harmoni (5C).

“Ini murni pecah ban. Semua ban kita original hanya saja pada armada tersebut ban produksi 2016, sehingga saat pecah terlihat seperti vulkanisir lepas. Harus dipahami, jika ban mengalami pecah, bukan berarti vulkanisir sebab pada ban originalpun bisa terjadi,” ungkap Jhony.

Baca juga: Transjakarta Jalankan 12 Rute Non BRT, Berikut Daftarnya

Jhony menambahkan bahwa kondisi ban masih dalam keadaan baik (TWI 5,7 mm). Bahkan, bus terakhir kali dilakukan uji KIR pada 9 Februari 2021 dan lulus untuk melayani seluruh masyarakat.

“Adapun saat ban pecah, pihak kepolisian mengarahkan armada untuk tetap melaju hingga halte Harmoni sehingga kondisi ban mengalami sobek di sekelilingnya. Transjakarta masih melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti,” imbuhnya.