POPULAR STORIES

TransJakarta Hentikan 4 Rute Untuk Layanan Tenaga Medis

TransJakarta Hentikan 4 Rute untuk Layanan Tenaga Medis Ilustrasi bus Transjakarta (TJ)

KabarOto.com - Memasuki masa menuju kebiasaan baru atau New Normal di DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) dikabarkan telah menghentikan empat rute khusus layanan petugas medis.

Sebelumnya, layanan yang aktif beroperasi sejak bulan April lalu ini, diperuntukkan membantu mobilitas para Tenaga Rumah Sakit (TRS) yang masih harus bekerja dan melakukan aktivitas pada saat diberlakukan PSBB.

Baca Juga: TransJakarta Berlakukan Rute Khusus Rumah Sakit Puskesmas Ke Hotel Untuk Tenaga Kesehatan

"Untuk tahap awal, ada empat rute TRS diistirahatkan dan beroperasi terakhir kalinya pada Minggu, 28 Juni 2020," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT TransJakarta Nadia Diposanjoyo.

Penghentian tersebut dilakukan karena telah beroperasinya beberapa transportasi masal yang hampir normal, sehingga beberapa rute layanan TRS tersebut kini sudah terlayani.

Ada empat rute yang dihentikan

Sehingga, armada yang sebelumnya digunakan untuk layanan TRS, kini dipersiapkan untuk melayani warga, dengan sejumlah aturan protokol kesehatan Covid-19.

Persiapan tersebut di antaranya seperti, sterilisasi armada, hingga pemasangan rambu jarak aman dan hand sanitizer pada setiap kendaraan yang akan beroperasi.

Nadia menambahkan, TransJakarta selama ini telah menyediakan 19 layanan rute TRS. Meski empat rute telah ditiadakan, namun ia mengatakan untuk penghentian rute lainnya masih melihat perkembangan situasi.

Baca Juga: Sebegini Biaya Bangun Mobil Off-road Untuk Pemula

Adapun keempat rute yang diistirahatkan adalah TRS2 (Poris Plawad - Blok M), TRS6 (Bogor - Jatinegara RS Premiere), TRS7 (Bulak Kapal - Summarecon Bekasi - Blok M) dan TRS8 (Bekasi Timur - RSUD Tebet - Puskesmas Setiabudi).

"Bagi para pelanggan tenaga rumah sakit yang keseharianya menggunakan layanan TRS tersebut, dapat menggunakan alternatif moda transportasi umum lainnya yang sudah mulai beroperasi," jelas Nadia.