POPULAR STORIES

Traum Pistons Bisa Kustom Piston Mobil Sesuai Kebutuhan

Traum Pistons Bisa Kustom Piston Mobil Sesuai Kebutuhan Dok : @fujinz / Top Setup

KabarOto.com – Ketika melakukan modifikasi mesin mobil, bukan hanya faktor tenaga yang diperhatikan. Namun kepentingan internal mesin pun sama pentingnya, sebab jika tenaga besar tapi komponen internal tidak kuat, artinya kemungkinan mesin mobil rusak pun meningkat.

Salah satunya piston, komponen ini sering jadi korban apabila tenaga mesin besar namun tidak diganti. Sehingga para pemilik yang mobil modifikasnya memiliki tenaga besar, ada baiknya mengganti komponen kepala piston dengan bahan lebih kuat nih.

Salah satu pabrikan piston asal Amerika Serikat, Traum Pistons menyanggupi untuk membuat piston sesuai keiinginan pemilik mobil loh. “Traum Piston ini bisa made by order, jadi terserah kita mau buat pistonnya seperti apa sesuai kebutuhan mobil,” ujar Hardyanto Halim selaku owner bengkel Top Setup, distributor Indonesia Traum Piston.

Baca juga: Bagaimana Proses Membangun Mobil Hobi? Ini Penjelasan AHT Garage

Soal bahan juga Traum tidak menggunakan metode pembuatan casting, melainkan billet dan forged. “Jadi singkatnya mereka membuat dari potong alumunium utuh dipotong dan dibentuk sesuai keiinginan kita, sehingga lebih kuat. Kalau piston standar kan dari besi casting,” jelas Hardy.

Traum ini bisa dipesan sesuai dengan ukuran ataupun bentuk piston standar ataupun kustom. “Kalau ukuran piston standar biasa saya pesan untuk Honda Civic Turbo tujuannya agar lebih kuat dari standar. Tapi kalau mau kustom juga bisa, misalnya ukurannya diperbesar, kompresinya dinaikkan, bentuknya, ring pistonnya berapa, itu bisa semua,” papar pria ramah itu.

Hardy juga menjelaskan kustom ini mengikuti basis harga. “Misalnya kalau kita melakukan semi kustom seperti sedikit menaikkan kompresi, lalu ukurannya diperbesar, dan lainnya itu tidak ada biaya tambahan. Namun kalau memilih opsional seperti ada tambahan coating, atau ingin supaya bisa tahan boost hingga 4 bar itu ada tambah. Tapi standarnya dari Traum itu dapat tahan boost 2 bar,” ujarnya.

Baca juga: Baca Ini Sebelum Pasang Dastek Unichip

Soal harga, Traum Pistons banderolnya mulai Rp 13,5 jutaan untuk satu set 4 buah. Asyiknya, bila kalian sudah menggunakan piston ini, dan suatu saat ada beberapa rusak, Traum menyanggupi pesanan walau hanya satu piston loh, sehingga tidak perlu lagi membeli satu set. Estimasi jika pemesanan sekitar satu bulan.